Mebel Jepara memiliki sejarah yang sangat panjang mulai abad ke-6 dan mebel ukir jepara dimulai dari ratu kalinyamatan yang membawa ahli ukir dari China.

Awal mulanya ahli ukir dari China yang biasa menggunakan media batu, kemudian diaplikasikan pada kayu di Jepara dan mengalami perubahan motif ukir yang disesuaikan dengan adat wilayah saat itu.

Dengan terkenalnya Jepara sebagai kota ukir dan penghasil mebel kayu solid, banyak pedagang furniture di luar negeri yang datang ke Jepara mulai tahun 70-an dan memberikan order serta memberikan desain yang mereka inginkan. Mulai tahun 80-an diperkenalkanlah mesin-mesin modern produksi mebel yang didatangkan dari luar negeri untuk membantu meningkatkan produksi mebel dengan bantuan buyer-buyer luar negeri yang juga memberikan pelatihan dan pembelajaran lebih lanjut sehingga kemampuan orang-orang Jepara semakin mumpuni menghasilkan mebel Jepara yang berkualitas internasional.

Gambar Mebel Jepara Terbaru


Malaysia Banyak Import Mebel Dari Jepara

Malaysia banyak melakukan import mebel Jepara dan kebanyakan merupakan mebel Jati. Perabot rumah yang di import dari Jepara ke Malaysia memiliki berbagai macam model, mulai mebel ukir, mebel klasik, mebel antik, mebel unik maupun mebel minimalis modern dengan finishing dan jok yang siap jual maupun mentahan atau rangka saja.

Harga jual mebel import di Malaysia 3 kali lipat dari harga di Jepara, hal ini karena beberapa faktor penambahan biaya antara lain biaya pengiriman, pajak dan juga keuntungan dari penjual mebel di Malaysia. Dengan demikian, jika orang malaysia membeli mebel secara langsung dari Jepara dengan syarat full container, maka harganya akan jauh lebih murah jika beli di Malaysia.


Beli Mebel Jati Jepara Dari Hongkong Malaysia dan Arab Saudi

Jika kebetulan anda bekerja di luar negeri seperti TKW di Hongkong, Malaysia, Arab Saudi atapun di negara lainnya dan ingin beli Mebel Jepara, anda tidak perlu pusing. Silahkan pilih model yang mau diorder, bayar DP, jangan lupa kasih alamat kirim dan nomoder serta nama penerima barang, lalau anda tinggal tunggu saja barang pesanan diantar setelah proses pengerjaan selesai. Gampang kan, ayo order sekarang kebutuhan furniture untuk keluarga anda di Indonesia, tanpa repot pulang kampung.


Furniture Jepara Dalam Persaingannya Dengan Mebel Luar Negeri

Furniture yang dihasilkan Kota Jepara sudah dikenal diseluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia. Mebel Jepara merupakan hasil mebel yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan produk-produk mebel dari daerah lain. Produk mebel dari Jepara dihasilkan oleh tukang-tukang yang sangat berpengalaman dan secara turun menurun memproduksi mebel dengan kekhususan diantara setiap pengrajin mebel yang ada di Kota Jepara.

Keunggulan hasil perabot mebel dari kota Jepara selain dari segi bahan baku yang menggunakan Kayu Jati adalah kekokohan konstruksi dari produk-produk mebel dari Kota Jepara lebih kuat dan tahan lama, selain itu karena ciri khas sentuhan tangan karena memang furniture Jepara dikerjakan dengan hand made, bukan dari pekerjaan mesin.

Dengan keunikan dan keunggulan tersebut, mebel dari Kota Jepara diminati oleh banyak kalangan di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain pasar dalam negeri, Jepara memasok hasil furniture untuk pasar ekspor bersaing dengan produk-produk dari Negara lain seperti China, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Walau demikian produk-produk mebel dari Jepara bisa bersaing dengan produk-produk mebel dari luar negeri karena ciri khas yang dimiliki produk furniture dari Jepara.


Furniture Jepara Tidak Hanya dari Kayu Jati

Fueniture dari Jepara selama ini dikenal dengan mebel ukir-nya walaupun pada kenyataannya bahwa produk asli yang dijual tidak semuanya adalah mebel ukir. Banyak sekali model minimalis yang diproduksi di Jepara dan banyak dijual di dalam negeri maupun luar negeri.

Ada hal lainnya yang sudah melekat pada mebel Jepara yaitu kayu Jati. Kebanyakan orang akan membayangkan bahwa di Jepara kami hanya memproduksi mebel Jati, walaupun pada kenyataannya banyak sekali produk yang kami produksi tidak menggunakan bahan kayu Jati. Sebagai contoh, untuk pasar ekspor indoor furniture ke berbagai nega di Eropa, kebanyakan menggunakan kayu mahony dan kayu jenis lainnya.

Dengan perkembangan pengetahuan, mungkin saja nantinya masyarakat Indonesia tidak hanya mengkonsumsi furniture jati, akan tetapi akan beralih menggunakan kayu Mahoni karena kualitasnya yang sangat bagus apabila digunakan untuk mebel-mebel mewah dengan ukiran dan warna-warna yang mewah pula.