Sudah banyak tersedia sabun cair di pasaran namun masih banyak masyarakat kita yang menyukai sabun padat jenis batang untuk mandi maupun mencuci tangan. Meskipun ampuh membersihkan badan, ada banyak kuman yang bersarang di sabun jenis ini usai digunakan. Berbahayakah kuman di sabun batang?

“Kuman bisa hidup dan banyak di sabun batang, tapi tidak akan membuat sakit atau infeksi kulit. Hal ini tidak akan menjadi masalah bagi mereka yang sehat,” ungkap profesor epidemiologi keperawatan Columbia University’s Mailman School of Public Health, Elaine L. Larson, Ph.D kepada Huffington Post dilansir Selasa (30/12/2014).

Namun, mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah harus hati-hati menggunakan sabun batang karena dapat menimbulkan dampak pada orang tersebut. Kuman dan bakteri yang ada di sabun batang biasanya ditemukan pada cairan yang berbentuk lendir. Oleh karena itu, Elaine menyarankan untuk membilas sabun batang sebelum digunakan untuk menghalau bakteri dan kuman yang ada. Pastikan juga menyimpan sabun batang di tempat kering.

“Lingkungan yang lembab memungkinkan kuman berkembang di sana, sehingga pastikan tempat menyimpan sabun batang kering” ungkapnya.

hth-110824-soap-hmed-11a.grid-6x2-400x266