Ukuran sofa minimalis dan kursi tamu sebenarnya sudah ada patokan bakunya. Patokan baku itu bisa dikategorikan untuk beberapa ukuran bagian sofa atau kursi :

Sofa-Jati-Minimalis-Robinson-Abu-2-dudukan

  1. Tinggi Dudukan Sofa dan Kursi Minimalis

Tinggi dudukan sofa santai untuk orang indonesia dengan kisaran tinggi badan 150 cm – 180 cm lebih pas di tinggi 40-45 cm, sehingga dudukan terasa rilek dan nyaman. Namun untuk beberapa tujuan tertentu, hal ini bisa disesuaikan, misalnya untuk santai yang memerlukan sandaran yang lebih miring, maka dudukan bisa dibuat antara 35-38 cm sehingga kaki bisa rilek dan agak selonjor.

Sofa-Minimalis-Murah-Musi-Single-Coklat

2. Tinggi Sandaran Tangan

Untuk sandaran tangan ukuran normalnya antara 60 cm sampai dengan 65 cm, akan tetapi dengan adanya penyesuaian desain, sandaran tangan bisa lebih rendah maupun lebih tinggi tergantung dari penggunaan dan desainnya.

Sofa-Chesterfield-Kulit-Double-Seat

3. Tinggi Sandaran Sofa Minimalis

Untuk tinggi sandaran sofa umumnya di angka 80 cm – 85 cm, akan tetapi hal ini juga dipengaruhi olah desain dan kegunaan. Untuk sofa santai, sandaran sebaiknya bisa menopang kepala atau minimal leher supaya ketika bersandar kepala dan leher bisa rileks.

Sofa-Minimalis-Ruang-Tamu-Set-Accent

4. Lebar Dudukan Sofa

Untuk lebar dudukan sofa dengan kategori nyaman minimal 50 cm, akan tetapi untuk desain yang bagus dan penggunaan yang lebih fleksibel maka sebaiknya dibuat lebar 55 cm, dan jika ingin kelihatan mewah dan macho bisa dibuat lebar 60 cm.

Sofa-Minimalis-Murah-Kayu-Jati-Jepara-Riau

5. Kedalaman Dudukan Sofa

Untuk kedalaman dudukan sofa lebih banyak dipengaruhi oleh harga dan kegunaan. Banyak dari penjual kursi tamu dan sofa dengan harga murah, ukuran sofa dan kursi tamu dibuat lebih kecil baik lebar maupun kedalaman dudukan. Akan tetapi hal ini akan memberikan efek yang kurang nyaman jika ukurannya terlalu kecil. Seperti halnya lebar dudukan, kedalaman dudukan sebaiknya diangka sekitar 50 cm – 55 cm agar kaki tertopang dengan baik. Jika sofa atau kursi terlalu dalam juga kurang nyaman karena punggung akan sedikit menggantung.

6. Kemiringan Sandaran Sofa

Untuk kemiringan sandaran sofa dan kursi tamu batas minimalnya adalah 20 derajat, karena jika kurang dari itu akan terasa tegak dan kurang nyaman.