Kualitas sofa minimalis secara kasat mata bisa dilihat dari kerapian dan bahan pembungkusnya yaitu kain, oscar atau kulit. Akan tetapi bagaimana dengan bagian-bagian yang tidak terlihat seperti rangka sofa, penahan busa, dan kualitas busanya.

fabelio-sofa-minimalis-informa

Pertama yang perlu dibahas adalah rangka sofa. Rangka sofa merupakan bagian penting untuk kekuatan dan bentuk, karena rengka sofa ibarat tulang pada tubuh manusia. Jika rangka sofa menggunakan bahan yang kuat serta konstruksi yang kuta maka daya tahannya semakin baik. Ada 2 hal yang berhubungan dengan kekuatan rangka sofa, yaitu bahan baku rangka dan konstruksi. Untuk bahan baku rangka sofa kami menggunakan bahan kayu jati solid yang menjamin rangka kuat menahan beban. Konstruksi kami buat seaman dan sekuat mungkin dengan beberapa penambahan palang penguat dan ditempel menggunakan sistem purus, lem serta dibaut yang menjamin sambungan tidak lepas.

Kedua adalah bahan penahan busa. Sebelum dipasang busa harus ada penahan busa supaya busa tertata dengan baik dan tidak mengalami bocor. Agar hal tersebut bisa tercapai maka di dibutuhkan 2 lapis bahan. Yang pertama adalah karet sebagai dasar supaya tetap empuk yang mantul, dan kedua adalah kain lentur supaya dudukan tetap lentur.

Ketiga adalah Busa. Faktor harga dipengaruhi oleh kualitas dan harga busa yang sangat bervariatif. Oleh karena itu jangan hanya melihat harga murah, akan tetapi cermati kualitas busa yang digunakan terutama untuk busa dudukan. Ada busa yang tahan sampai 10 tahun seperti Yellow EOE produksi Inoac yang agak keras akan tetapi tahan lama, ada juga LJ yang empuk dan juga tahan lama. Empuk dan kerasnya busa tidak serta merta berbanding lurus dengan daya tahannya, maka sebaiknya cermati daya tahan busa dari sofa yang akan kita beli. Banyak sekali busa yang ada dipasaran yang mempunyai daya tahan kuran g dari 1 tahun bahkan hanya 3-6 bulan saya sudah kempes.

Sofa-Jati-Minimalis-Robinson-Abu-2-dudukan

Keempat adalah lapisan penutup sofa yang umumnya jenis kain ataupun kulit. Jika melihat harga bahan kain atau oscar yang ada dipasaran anda akan terkaget-kaget karena perbedaan harganya cukup jauh. Kain paling murah di kisaran 30 rb / meter lari sampai yang paling mahal bisa mencapai 2 juta rupiah / meter lari. Bayangkan jika 1 sofa 3 dudukan membutuhkan kain sekitar 15 meter, anda sudah bisa menghitungnya berapa selisih harganya kan?

Kelima adalah desain. Desain merupakan salah satu faktor yang kadang tidak berhubungan langsung dengan kebutuhan material, akan tetapi berhubungan dengan tingkat kesulitas dan lamanya waktu pengerjaan, hal inilah yang akhirnya berpengaruh secara langsung terhadap harga sofa.

Dengan sedikit penjelasan di atas semoga bisa membantu anda untuk memilih sofa yang tepat sesuai kebutuhan dan awet tahan lama.