Kursi kayu Jati yang telah diproduksi oleh produsen mebel Jepara telah berkembang ke model sofa minimalis yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat akan produk mebel berkulitas untuk mengisi rumah mereka. Sudah sejak lama, Jepara dikenal sebagai kota Ukir dan penghasil mebel Jati ukir berkualitas yang banyak di ekspor dan juga dipakai di dalam negeri sendiri.

Dengan perkembangan jaman dan minat akan furniture minimalis, maka desain-desain mebel Jati yang dulu didominasi mebel ukir, lambat laun mulai menambah model-model baru yang lebih simple dan modern. Hal ini tidak lepas dari peranan trend yang dibawa oleh luar negeri yang begitu marak di dunia internet.

Lemari-Jati-Ukir-Jepara-Mewah-4-Pintu

Gambar Lemari Jati Ukir 4 Pintu

Kursi Jati minimalis mulanya masih ada ukiran dengan ciri khas Jepara, akan tetapi lama-kelamaan model kursi tamu minimalis kayu Jati tanpa ukiran banyak diproduksi sampai dengan desain Sofa Minimalis terbaru yang tentunya di inspirasi oleh desainer di luar negeri.

Hampir 90 persen model sofa minimalis yang ada di dunia, kini telah banyak diproduksi oleh pengrajin mebel Jati Jepara

Hampir 90 persen model sofa minimalis yang ada di dunia, kini telah banyak diproduksi oleh pengrajin mebel Jati Jepara karena adanya pesanan dari kalangan menengah atas yang menginginkan mebel mewah dengan menggunakan bahan kayu Jati tetapi dengan desain terkini yang ada di luar negeri seperti Eropa dan Amerika.

Gambar-Sofa-Minimalis-Terbaru-Accent

Gambar Sofa Minimalis Modern

Kursi-Jati-Minimalis-Tamu-Teras-Lenong

Gambar Kursi Kayu Jati Minimalis

 

Bagaimana produsen mebel Jati Jepara Bisa membuat hampir semua jenis mebel?

Pertanyaan ini mungkin menarik untuk dicermati. Jika melihat sejarah Indonesia, dan Jepara pada khususnya, bahwa mulai jaman kerajaan, kebutuhan akan mebel mewah dengan ukiran yang menawan bagi kalangan raja-raja dan bangsawan serta para saudagar kaya harus bisa terpenuhi, maka dari itu para ahli seri ukir dan pembuat mebel harus memproduksi sesuai keingingan para ningrat.

Setelah itu adanya bangsa asing yang tinggal di Jepara, baik pada jaman perdangangan sebelum penjajahan maupun setelah adanya penjajahan oleh bangsa-bangsa dari Eropa. Dengan masuknya orang asing, maka secara nyata akan mempengaruhi budaya dan juga menambah adanya kebutuhan supply untuk mereka.

Dengan adanya pesanan dari orang asing yang menghendaki ukiran serta desain yang mereka inginkan, mau-tidak mau para tukang ukir dan pembuat kursi tamu harus belajar dan menyelesaikan pesanan konsumennya. Sehingga kemampuan produksi dan variasi desain kursi dan ukir juga bertambah.

Setelah masa kemerdekaan, banyak juga para pedagang furniture dari luar legeri khususnya kursi kayu, dating ke Jepara untuk memesan barang-barang yang mereka butuhkan. Untuk bisa menghasilkan kursi sesuai pesanan, kerap sekali pembeli mengajari dulu teknik produksi mebel dan juga memberi peralatan produksi mebel yang lebih modern, sehingga masayarakat Jepara berkembang dan semakin maju dalam hal kemampuan untuk memproduksi mebel kayu khususnya Kayu Jati dan Kayu Mahoni yang banyak dipesan oleh konsumen.

Meja-Makan-Minimalis-Jati-Tegal

Gambar Kursi Meja Makan Minimalis Modern

 

Sebenarnya ada berapa banyak model kursi yang sudah dihasilkan oleh Jepara?

Pertanyaan ini sekiranya merupakan pertanyaan yang sulit untuk bisa mendapatkan jawaban. Model kursi tamu Jati ukir dan kursi minimalis yang diproduksi mungkin sudah ribuah model, belum lagi kursi makan dan jenis kursi kayu lainnya yang tidak kalah sedikit modelnya.

Kursi-Tamu-Minimalis-Jati-Jepara-Murah-KutaGambar Kursi Tamu Jati Minimalis

 

Apa saja jenis mebel Jati Jepara ?

Mebel kayu Jati Jepara ada banyak jenisnya tergantung lokasi mebel dipakai dan fungsi dari mebel itu sendiri. Dalam hal penempatan dan fungsi, antara masyarakat Indonesia dan masyarakat negara lain mempunyai perbedaan karena budaya dan kebiasaan.

Misalnya kursi tamu umumnya ada di setiap rumah di Indonesia yang sifatnya diletakkan di ruang tamu dan digunakan untuk menjamu tamu yang dating, akan tetapi di negara lain belum tentu itu merupakan kursi tamu walaupun bentuknya sama. Kita ambil contoh di Amerika yang mempunyai layout rumah biasanya hanya mempunyai ruang keluarga atau living room yang berbeda fungsi dengan ruang tamu pada umumnya seperti di Indonesia.

Kursi-Goyang-Minimalis-Jati-Jepara-Murah

Gambar Kursi Goyang Minimalis Kayu Jati