Jika Anda penyuka hidangan laut atau mungkin suka makanan seperti ikan dan lain sebagainya, Anda pasti sudah tidak asing dengan kerang hijau. Kerang hijau ini bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat. Anda juga bisa memilih antara kerang air laut atau kerang air tawar. Selain lezat dimakan, kerang hijau juga menyimpan banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh. Seperti dilansir dari stylecraze.com, ada beberapa gizi dalam kerang hijau, antara lain adalah vitamin A, vitamin B seperti folat dan B12, mineral seperti fosfor, seng dan mangan serta asam lemak omega-3.

Kalori dan Lemak

Dalam 3 ons porsi kerang hijau, kandungan kalori dan lemak yang dimiliki kerang hijau bisa sekitar 145 kalori dengan 4 gram lemak, 6 gram karbohidrat, 48 mg kolesterol dan 314 mg sodium.

Protein

Hampir semua ikan laut kaya protein, begitu juga dengan kerang. Ada sekitar 18 gram protein dengan banyak asam amino penting dalam satu mangkuk kerang hijau yang mampu memenuhi kebutuhan harian akan protein orang dewasa sebesar 30%.

Vitamin A

Kerang juga merupakan sumber vitamin A. Dalam semangkuk kerang mengandung sekitar 240 jenis vitamin A yang mampu memenuhi asupan harian orang dewasa sekitar 10-18%

Selenium

Selenium berfungsi sebagai salah satu antioksidan yang menjaga sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, dan kerang memiliki banyak selenium untuk kebutuhan tubuh. Kerang memiliki sekitar 67 mikrogram selenium, lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan harian orang dewasa.

Vitamin B

Kerang terutama memiliki vitamin B12 yang berfungsi menjaga keseimbangan tubuh. Cukup makan satu mangkuk kerang hijau sudah mampu memenuhi kebutuhan harian akan vitamin B12 untuk orang dewasa.

Jadi, jika kebetulan sedang belanja di pasar dan menemukan banyak kerang hijau segar, jangan ragu belanja dan menyajikan menu lezat di rumah dengan kerang hijau.

maxresdefault (1)