Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menggunakan ponsel, TV, dan komputer? Jika lebih dari dua jam, maka Anda tengah merusak mata secara perlahan. Terlalu banyak menatap layar akan membuat mata menjadi gatal, lelah, dan menjadi merah. Penelitian dari The Vision Council mengungkap bahwa 93 persen orang yang menggunakan ponsel memiliki risiko terkena masalah pada mata.

“Ketika melihat layar, mata akan lebih jarang berkedip dibandingkan jika kita melihat sekitar atau membaca buku. hal ini membuat mata lebih mudah kering dan iritasi,” ungkap Cristina Schnider dari Johnson & Johnson Vision Care, Inc.

Schnider menambahkan bahwa masalah lain yang membuat mata lebih mudah iritasi ketika melihat ponsel adalah karena ukuran tulisan dan layar yang kecil. Ini akan membuat mata bekerja lebih keras dan menjadi lebih cepat lelah, seperti dilansir oleh Women’s Health Mag (14/01).

Lantas, bagaimana cara untuk menyelamatkan mata dari ponsel dan barang elektronik lainnya. Caranya adalah dengan sering mengistirahatkan mata ketika menggunakan ponsel atau benda elektronik lain. Setiap 10 sampai 20 kali sebaiknya alihkan pandangan dari ponsel atau layar dan lihatlah objek lain yang jauh dari mata. Ini akan membantu mengembalikan ritme berkedip mata dan membuat mata kembali lembap.

Selain itu, jaga jarak pandang dari layar. Sebaiknya jarak antara mata dengan layar komputer minimal sejauh tangan Anda. Atur juga agar layar komputer atau ponsel tak terlalu terang. Selain itu, jangan gunakan ponsel saat berada dalam ruangan yang gelap, seperti ketika Anda akan tidur. Cahaya yang terlalu terang di ruangan gelap bisa menyebabkan kebutaan secara perlahan.

telegram-kini-juga-bisa-digunakan-di-perangkat-bb10