Variasi makanan bayi umur 8 bulan berbeda halnya dengan makanan pada anak umur 6 bulan, dimana pada usia 6 bulan hanya dapat makan bubur susu yang (makanan tekstur halus) dan pisang gerus saja. Pada usia delapan bulan ini bayi sudah bisa mulai diajarkan makan dengan tekstur yang lebih keras dari bubur susu, seperti bubur tim, dan nasi lembek. Bahkan saat ini anak sudah bisa diajarkan untuk memakan nasi yang dikonsumsi seluruh anggota keluarga, walaupun jumlahnya masih sedikit.

Makanan bayi 8 bulan memang sebaiknya divariasikan. Walaupun judulnya tetap bubur tim tapi isinya kan bisa diubah-ubah bun. Misalnya hari ini nasi tim isi daging, besok isi ikan dan lusa isi tahu tempe. Buah-buahan sebagai makan selingan juga sudah banyak pilihan selain pisang dan papaya kita juga bisa memberi anak jus sari buah-buahan seperti jeruk, apel mangga dan lain-lain. Kalau saya ketika anak kami umur 8 bulan cara memberi pisang tidak lagi digerus tapi langsung saja diberi setelah dikupas. Memang pada usia ini sebaiknya anak sudah diajarkan untuk memegang makanan sendiri.

Memegang makanan sendiri, seperti biscuit sendiri dan lainnya sebaiknya diajarkan mulai anak bayi diperbolehkan makan (usia diatas 6 bulan). Yang paling mudah diajarkan adalah memegang biscuit (berdasarkan pengalaman). Variasi makanan bayi 8 bulan tidaklah harus anda membeli bukunya secara khusus, yang penting pahami konsep dasarnya. Yakni anak diberi makan sebanyak 2 sendok makan per sekali makan dan diberi 2 kali sehari. Buah-buahan diberikan sebagai makanan selingan sebanyak 1 kali sehari.  ASI masih merupakan makanan utama untuk anak usia 8 bulan. Dari konsep tersebut maka berikut ini beberapa variasi makanan untuk anak bayi umur 8 bulan:

  1. Nasi tim, bisa divariasikan isinya seperti nasi +  sayur + ikan, bisa juga nasi + sayur + daging (dihaluskan atau kaldunya),  nasi + sayur + telur, atau bisa juga nasi + sayur + tahu dan lain-lain. Sayur juga bisa divariasikan, sebab sangat banyak pilihan sayur yang mudah lunak dan bisa dikonsumsi bayi dengan mudah (ex: bayam, wortel kangkung dll). Setiap membuat nasi tim istri saya selalu menambahkan seledri dan daun bawah sebagai aroma penggugah selera makan anak bayi.
  2. Kentang rebus + sayur + ikan (sumber protein lainnya). Kentang teksturnya mudah dihaluskan dan merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik.
  3. Bubur tepung kacang hijau + kaldu (sapi atau ayam). Kami biasanya memesan tepung kacang hijau ini ke penggilingan tepung. Tepung kedele ini juga sangat baik digunakan untuk makanan anak bayi usia 6 bulan.

Sebenarnya masih banyak variasi resep makanan untuk anak bayi umur 8 bulan yang dapat dibuat, saya harap dari beberapa contoh diatas dapat disusun menu untuk bayi anda sendiri. Sebenarnya roti gandum juga baik untuk dikonsumsi anak bayi, lihat saja bayi di luar negeri dikasih bubur gandum kan. Masalahnya di Indonesia ini kita sulit untuk membeli gandum, semoga bermanfaat.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Trends Mebel Terbaik:

tekstur makanan bayi 8 bulan, bubur tim kacang hijau, makan bayi umur 8 Bulan, makanan bayi tim, makanan bayi umur 8 bulan, nasi tim bayi 8bln, nasi tim bayi 8bulan, tekstur makanan bayi 8 bln