Berenang yang dimaksud di sini tentu saja bukan berenang seperti laiknya orang dewasa dimana tubuh bisa mengapung dan bergerak tanpa tenggelam. Seperti dijelaskan dalam bukunya Mengajar Anak Berenang, berenang pada bayi adalah mengenalkannya pada kolam besar, bisa dimulai dari bak mandi, kolam plastik, lalu berlanjut ke kolam renang. Mengapa mengajari anak berenang penting? Sebab pada dasarnya berenang adalah bagian dari kegiatan penyelamatan diri. Jadi kalau dikenalkan sejak dini, akan membuatnya lebih mudah saat harus belajar berenang sesungguhnya. Selain itu berenang akan membuat anak fun, relaks, bersifat terapi dan melatih rasa percaya diri.

Mulailah pada usia 4-7 bulan. Kemampuannya untuk segera manarik napas sebelum menyentuh air belum hilang (reflek akuatik). Usia ini pas juga untuk melatih koordinasi gerakan otot-otot tubuhnya. Latihan di kamar mandi. Gunakan waktu mandi untuk memperkenalkan bayi kepada air. Bawa beberapa mainan kesukaannya yang bisa dipakai di dalam air dan bermainlah bersamanya, agar bayi merasa enjoy dan nyaman lama berada di dalam air.

Bertahap. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri. Mulailah dengan mengajaknya bermain dulu di pinggir kolam. Biarkan bayi Anda menikmati cipratan-cipratan air di tubuhnya. Sehingga keberaniannya sedikit demi sedikit timbul. Begitu dia sudah mulai menikmatinya, pelan-pelan gendong masuk ke dalam kolam renang, biarkan dia tetap dekat dengan Anda sehingga dia tetap merasa aman. Ajak dia bermain air sambil bernyanyi. Ciptakan suasana se-rileks mungkin. Lakukan beberapa kreatifitas gerakan yang menyenangkan, sehingga dia pun betah berada di kolam renang. Jika sudah mulai nyaman dan akrab dengan air, barulah ajari dia berenang.  Batasi waktu. Untuk usia 4-7 bulan cukup 10 menit saja, agar tidak sakit dan menelan terlalu banyak air.

Tips-Mengajari-Bayi-Berenang

Trends Mebel Terbaik:

anak 5 bulan di tunjung berenang, gambar bayi berenang, harga kolam renang bayi umur 3 bulan, kolam renang plastik untuk bayi di jepara, tempat berenang plastik, tepak kayu jati