Tumbuh kembang anak pada usia 0 hingga 1 tahun akan senatiasa mengalami perubahan dari bulan ke bulan. Seiring bertambahnya umur anak, tumbuh kembangnya relatif naik pesat. Tumbuh kembang anak diusia 0-1 tahun harus senantiasa dipantau agar pertumbuhan anak yang abnormal bisa diketahui dengan cepat. Untuk Anak dari usia 0 hingga 1 tahun masih dikatakan dengan sebutan bayi. Pengasuhan bayi merupakan kewajiban orangtua yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Karena pengasuhan tersebut adalah wujud rasa syukur kepada Allah Swt.  Dalam pengasuhan bayi tersebut aspek yang harus diperhatikan adalah mengenai pertumbuhan serta perkembangan bayi.  Dalam tumbuh kembang bayi, setidaknya ada 7 hal dasar yang harus diketahui.  Apa saja ke 7 hal perkembangan dasar bayi tersebut?  7 hal dasar tersebut yaitu :

1. Perkembangan motorik kasar bayi
2. Perkembangan motorik halus
3. Perkembangan komunikasi pasif bayi
4. Perkembangan komunikasi aktif bayi
5. Perkembangan kecerdasan bayi
6. Perkembangan kemampuan bayi menolong diri sendiri
7. Perkembangan kemampuan bayi untuk bergaul

Dari ke tujuh aspek perkembangan bayi usia 0-1 tahun mesti diperhatikan dengan seksama.  Setidaknya ke tujuh aspek tersebut harus terdapat dan dimiliki oleh sang bayi.  Untuk kondisi normal ke tujuh perkembangan bayi tersebut akan mudah dilewati oleh bayi.  Ada beberapa indikator yang bisa dijadikan acuan untuk memudahkan para ibu dalam mengontrol bayinya. Dalam 7 hal perkembangan bayi tersebut ada istilah perkembangan motorik.  Apa itu perkembangan motorik pada bayi? Perkembangan motorik yaitu perkembangan dalam mengendalikan gerakan jasmani melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf dan otot yang terkoordinasi. Adapun perkembangan motorik pada anak terbagi menjadi 2 (dua) yaitu perkembangan motorik halus dan perkembangan motorik kasar.

Motorik kasar merupakan gerakan yang terjadi karena adanya koordinasi otot-otot besar, seperti : anak berjalan,  anak melompat, anak berlari, anak melempar dan menaiki sedangkan perkembangan  motorik halus berkaitan dengan gerakan yang menggunakan otot halus, contohnya adalah: kemampuan anak untuk menggambar, kemampuan untuk menggunting, kemampuan anak untuk melipat kertas, dan lain sebagainya. Ada beberapa indikator yang bisa kita pelajari lebih dalam untuk bayi dari usia 0 hingga usia bayi 1 tahun.  Banyak dalam buku-buku dan literatur pendidikan anak yang membahas tentang indikator-indikator tersebut.  Indikator apa saja yang minimal harus kita ketahui dalam tumbuh kembang bayi, akan diposting dalam episode selanjutnya.  Semoga artikel tentang tumbuh kembang bayi ini bisa bermanfaat.

tahap-tahap-perkembangan-bayi

Trends Mebel Terbaik:

bayi usia 1 tahun, gambar anak motorik kasar 0-1 bulan