Setiap Negara punya kebudayaan yang berbeda-beda. Dan pastinya setiap kebudayaan punya tata cara dan tradisi yang berbeda pula, termasuk dalam merayakan tahun baru. Momen pergantian tahun selalu dimaknai sebagai peristiwa penting dalam berbagai budaya. Selalu ada ritual atau perayaan khusus untuk menyambut datangnya tahun yang baru ini. Entah itu pesta meriah, jamuan dengan hidangan khusus, atau ritual. Berikut beberapa tradisi tahun baru unik di berbagai belahan dunia :

  1. Skotlandia – Hongmanay

Menurut situs info please, orang Skotlandia punya tradisi yang disebut Hongmanay saat tahun baru. Tradisi ini meliputi ‘kaki pertama’. Maksudnya saat malam pergantian tahun, orang-orang Skotlandia akan saling mengunungi dengan para tetangga untuk pertama kalinya di tahun yang baru. Biasanya mereka juga membawa oleh-oleh berupa arang untuk perapian atau kue. Jika tamu pertama yang datang ke rumah adalah seorang pria yang tampan, tinggi, dan berkulit gelap, maka keberuntungan akan meliputi rumah itu dalam setahun.

  1. Jepang – Oshogatsu

Tahun baru merupakan momen yang penting bagi orang Jepang. Sebab hari tersebut menjadi simbol bagi pembaharuan. Saat tahun baru, orang Jepang mengadakan pesta yang disebut bonenkai. Tujuannya adalah untuk melupakan masalah dan kegagalan di tahun yang lama dan merayakan tahun yang baru. Tepat ketika tahun berganti, kuil-kuil Buddha membunyikan ging sebanyak 108 kali sebagai cara untuk menghalau 108 kelemahan manusia. Sementara anak-anak mendapat angpao yang disebut otoshidama.

  1. Spanyol – Makan 12 anggur

Orang-orang Spanyol biasanya memakan 12 buah anggur pada malam pergantian tahun baru. Tujuannya adalah untuk mendapatkan 12 bulan yang manis sepanjang tahun.

  1. Yunani – koin emas di dalam kue

Di Yunani perayaan tahun baru bertepatan dengan Festival St. Basil, salah satu pendiri gereja Yunani ortodoks. Pada hari ini orang Yunani menyiapkan hidangan khusus yang diberi nama Vassilopiita atau kue St. Basil. Dalam kue ini dimasukkan sekeping koin emas. Siapapun yang mendapat potongan kue dengan koin di dalamnya akan mendapat keberuntungan di tahun yang baru.

  1. Denmark – melompat dari kursi

Orang-orang Denmark menandai tahun yang baru dengan melemparkan gelas dan piring bekas ke pintu rumah kerabat dan famili. Sebagai ritual tahun baru, mereka naik di atas kursi, kemudian melompat bersama-sama. Dengan cara ini, mereka ‘melompat’ meninggalkan keburukan di tahun sebelumnya ke tahun baru yang lebih beruntung.

  1. Filipina – memajang dan memakan benda-benda bulat

Orang Filipina menganggap benda-benda yang berbentuk bulat sebagai tanda keberuntungan, sebab, bentuknya mirip dengan uang koin. Pada saat tahun baru mereka mengenakan baju bermotif polka dot, menyajikan kue-kue yang berbentuk bulat, dan makan 12 jenis buah.

  1. Korea – Tteok-Guk

Warga Korea menyantap sup bening panas yang disebut Tteok-Guk. Tteok-Guk ini berisi irisan-irisan tipis kue beras yang melambangkan umur panjang. Karena itu, jika ingin panjang umur sup tahun baru ini harus disantap sampai habis.

Itulah beberapa tradisi dan ritual yang dijalankan warga di berbagai belahan dunia saat tahun baru.

6-tradisi-tahun-baru-unik-di-dunia