Traveling kini menjadi gaya hidup tersendiri yang mulai tidak bisa dipisahkan dari kehadiran teknologi dan internet. Ya, kini banyak traveler yang doyan mengunggah foto atau membagi momen-momen perjalanan mereka lewat media sosial. Namun akan sangat menyebalkan bila kita tidak mendapat akses internet yang memadai untuk terus terkoneksi dengan internet. Apalagi kita sering diharuskan menggunakan akses internet laptop selama perjalanan, tidak hanya via smartphone. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapat akses internet yang mudah bahkan gratis ketika traveling. Apalagi, sebagian besar traveler sejati pasti ingin menekan sebanyak-banyaknya pengeluaran mereka. Nah, berikut beberapa tips online gratis terus saat traveling :

  1. Pilih penginapan dengan area internet gratis

Saat merencanakan perjalanan, ada baiknya Anda memilih penginapan yang menyediakan akses Wi-Fi gratis atau sambungan internet sebagai salah satu layanannya. Meskipun sebagian besar hotel menawarkan paket internet, tetapi kebanyakan mengharuskan Anda untuk membayar sejumlah uang. Tetapi tidak usah khawatir karena ada penginapan yang menyediakan area Wi-Fi gratis yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Biasanya penginapan seperti ini terdapat di daerah perkotaan.

  1. Gunakan Wi-Fi gratis gratis di kedai kopi

Saat ini sudah terdapat banyak sekali kedai-kedai kopi yang menawarkan Wi-Fi gratis baik di dalam negeri dan luar negeri. Mulai dari kedai kopi pinggir jalan hingga berkelas internasional sudah banyak menyediakan Wi-Fi gratis setelah Anda membeli di tempat tersebut. Bahkan, beberapa kedai kopi terkenal seperti Starbucks sudah tersedia di beberapa stasiun atau bandara tanah air sehingga bagi Anda yang ingin mengakses internet saat menunggu kereta atau pesawat pun menjadi lebih menyenangkan. Ada baiknya Anda menyimpan password Wi-Fi tersebut sebelum menghubungkannya ke internet. Dengan begitu Anda bisa memakai password tersebut untuk online lewat gadget lain, misalnya smartphone atau tablet.

  1. Kunjungi restorant fast-food

Di beberapa tempat tujuan traveling, terkadang Anda tidak hanya perlu akses ke internet namun juga makan. Nah, beberapa restoran fast-food seperti McDonald biasanya menawarkan Wi-Fi gratis yang bisa diakses oleh pembeli. Cara ini juga menghemat budjet Anda mengingat di beberapa tempat yang dikunjungi harga makanan jauh melebihi harga makanan di restoran-restoran fast-food.

  1. Pakai Wi-Fi Perpustakaan dan taman kota

Selain tempat-tempat di atas, ada dua tempat lagi yang biasanya menawarkan akses internet lewat hotspot Wi-Fi yang benar-benar gratis, yakni perpustakaan dan taman kota. Banyak traveler yang sering memanfaatkan internet gratis di taman kota untuk beristirahat dan berinteraksi dengan warga setempat sembari terus online. Tetapi, jika Anda lebih suka menikmati pengetahuan-pengetahuan baru sambil terus terkoneksi dengan internet, perpustakaan adalah tempat yang sebaiknya Anda kunjungi berikutnya.

  1. Sulap smartphone atau phablet jadi hotspot dadakan

Bila Anda tidak menemukan tempat-tempat yang memberikan internet gratis sepanjang perjalanan, namun Anda harus online via laptop ada sebuah cara untuk mengatasinya, yaitu mengaktifkan hotspot Wi-Fi di smartphone atau tablet Anda. Ya, meskipun cara ini tidak seratus persen gratis, namun akan sangat berguna di saat-saat yang mendesak. Untuk mengaktifkan hotspot Wi-Fi di gadget Android, Anda harus masuk ke menu Pengaturan pilih ‘Pengaturan nirkabel dan jaringan, kemudian tap opsi ‘Tethering and Portable Hotspot’. Kemudian pilih ‘Pengaturan hotspot Wi-Fi portable yang diikuti oleh ‘Konfigurasi hotspot Wi-fi portable’. Saat mengaktifkan hotspot Wi-Fi dari gadget Anda, jangan lupa untuk mengatur password agar tidak semua orang bisa mengaksesnya. Anda tentu tidak mau paket data Anda dinikmati oleh orang lain bukan?

Anda juga bisa memilih cara yang lebih mudah dengan mengunduh aplikasi ‘Tethering Widget’ yang banyak tersedia secara gratis di Google Play Store.

Itulah beberapa tips online gratis terus saat traveling.

184bmjpgab2qpjpg-950x534