Dibandingkan dengan beberapa dekade yang lalu, orang tau serta dokter anak saat ini lebih menaruh perhatian pada kesterilan botol susu bayi dan air yang digunakan. Hal ini terjadi karena orang-orang saat ini semakin menyadari akibat dari tidak menjaga kebersihan dan kesterilan botol susu untuk bayi. Nah, apakah Bunda sudah melakukan hal yang tepat saat menyiapkan susu formula untuk si kecil? Yuk simak beberapa tips menjaga kesterilan botol susu bayi berikut ini :

  1. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah selalu mencuci tangan sebelum memegang botol susu si kecil ataupun saat akan menyiapkan makanan untuknya. Meski botol susu atau makanan sudah disiapkan dengan hati-hati, kuman penyakit tetap bisa menular melalui tangan Bunda yang tidak bersih.
  2. Selanjutnya, pastikan dot botol susu sudah dalam keadaan steril sebelum digunakan baik dot yang baru atau sudah pernah digunakan. Bunda bisa membersihkannya dalam air hangat dengan sabun sambil menggosoknya, lalu bilas sampai bersih. Beberapa ahli juga menyarankan untuk merebus dot selama 5 menit.
  3. Apabila menggunakan susu formula dalam wadah kaleng, maka pastikan Anda membersihkan bagian atas kaleng tersebut sebelum membukanya. Pastikan pula pembuka kaleng, sendok susu, dan peralatan lain yang digunakan telah dalam keadaan bersih dan steril supaya susu tetap steril serta bebas dari kuman berbahaya.
  4. Botol susu juga tidak boleh lupa untuk dibersihkan sebelum digunakan oleh si kecil. Bunda tidak perlu merebus botol susu dalam air mendidih, Anda bisa memasukkannya dalam mesin pencuci piring yang memiliki air panas untuk membersihkan cucian. Selain itu, Bunda juga bisa mencuci botol susu di dalam air hangat dengan sabun, lalu membilas sisa sabun hingga bersih.
  5. Saat membuat susu untuk si kecil, pastikan air yang digunakan adalah air yang bersih dan steril. Apabila Bunda tidak yakin dengan air kran di rumah, Anda bisa menggunakan air mineral dari dispenser. Saat bepergian, jangan lupa untuk membawa air matang atau air mineral yang siap untuk digunakan saat menyiapkan susu untuk buah hati Anda.
  6. Susu formula yang telah disiapkan dalam botol harus segera dibuang setelah 1 jam jika tidak diminum oleh si kecil. Untuk menjaga kesterilan susu, Bunda bisa menyimpan susu formula yang telah disiapkan ke dalam lemari pendingin untuk menghindari kontaminasi bakteri dan bisa tahan hingga 24 jam.

Jadi, sekarang Bunda sudah tahu kan bagaimana saja cara menjaga kesterilan botol susu serta cara menyimpan susu untuk buah hati tercinta.

botol-susu1

 

 

Trends Mebel Terbaik:

bangku dari kaleng susu, botol dot murah, botol susu di cafe, gambar botol susu bayi kain flanel, jual beli steril botol bayi serang, jual botol susu bayi murah, kursi dari kaleng susu