Pada saat lahir, otak bayi memiliki 100 milyar neuron yang akan semakin berkembang seiring bertambahnya usia. Namun, sama seperti pisau, otak yang tidak diasah dengan baik dan maksimal tidak akan dapat berkembang dengan baik. Bunda yang ingin memiliki anak-anak yang cerdas bisa mencoba tips berikut ini :

  1. Jaga kesehatan bayi sebelum lahir
    Bayi yang sehat akan lahir dari ibu yang menjaga kesehatan tubuh dan janinnya dengan baik. Ketahuilah bahwa konsumsi beberapa makanan dan obat yang berbahaya bisa memengaruhi perkembangan otak janin Anda. Selain itu, merokok baik aktif maupun pasif saat hamil dapat menurunkan kecerdasan bayi Anda.
  2. Mengajak bayi berbicara
    Bayi Anda mungkin hanya akan mengeluarkan celotehan-celotehan dalam bahasa bayi yang tidak Bunda pahami. Tapi, ketahuilah bahwa celotehan tersebut merupakan cara bayi untuk mengajak Anda berkomunikasi. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengajak bayi Anda berbicara dan menceritakan berbagai macam hal agar ia memiliki kemampuan bahasa yang baik nantinya.
  3. Bermain dengan menggunakan tangan
    Permainan yang menggunakan tangan seperti cilukba atau berhitung ternyata dapat membantu bayi Anda untuk belajar memberikan respon yang tepat dengan cara yang sederhana. Ia akan belajar mengetahui respon apa yang tepat saat Bunda membuka tangan atau lagu apa yang cocok saat Anda berhitung dengan tangan.
  4. Berikan perhatian padanya
    Bunda, jangan mengacuhkan apa yang bayi Anda tunjuk, lihat, atau apa saja yang menarik perhatiannya. Pastikan Anda mengikuti apa yang ia tunjuk, melihat apa yang ia lihat, dan mencari tahu apa yang membuat perhatiannya tersita. Menunjukkan bahwa Anda perhatian pada apa yang membuatnya tertarik akan membuat si kecil merasa ia penting dalam hidup Anda.
  5. Menumbuhkan kebiasaan suka membaca
    Bunda, perlu Anda ketahui bahwa menumbuhkan kemampuan reseptif (membaca dan menulis) pada bayi jauh lebih penting daripada mengembangkan kemampuan ekspresif (berbicara). Maka dari itu, sedini mungkin ajari si kecil untuk suka membaca buku dengan membacakannya dongeng sebelum tidur atau memberinya buku dengan gambar yang berwarna-warni.
  6. Pilih mainan yang baik

Mainan yang baik di maksud di sini adalah mainan yang dapat membantunya untuk belajar dan mengembangkan kemampuan dan kecerdasan otaknya. Seperti misalnya mainan yang mengajarkan si kecil tentang sebab dan akibat atau mainan menyusun balok-balok.

  1. Berikan respon yang baik saat bayi menangis
    Pelukan dan suara yang menenangkan saat bayi sedang menangis akan mengembangkan efek positif pada sistem limbic di otaknya yang berkaitan dengan perasaan. Gendongan yang membuatnya tenang dan aman akan mengirim sinyal perasaan yang aman pada otak.

tips meningkatkan otak bayi