Seiring bertambahnya usia, fungsi otak terutama kemampuan untuk mengingat terus berkurang. Ini karena hipokampus, daerah pada otak yang bertanggung jawab terhadap ingatan terus kehilangan sel sarafnya sebanyak 5 persen setiap sepuluh tahun. Terlebih senyawa pada otak yang disebut asetilkolin terus mengalami penurunan produksi. Asetilkolin merupakan senyawa yang penting dalam proses pembentukan ingatan. Kita sudah berada diujung tahun 2014, dan akan segera memasuki tahun 2015 dimana Ujian Nasional (UN ) masih berlangsung. Pastinya anda para pelajar sudah mempersiapkan diri dari sekarang bukan? Namun sudah siapkah anda dengan semua materi yang telah diajarkan, atau Anda mengalami kesulitan untuk mempelajari materi yang begitu banyak? Setiap orang diciptakan dengan kapasitas memori otak yang berbeda-beda. Tetapi, tahukah Anda bahwa ingatan kita dapat dipertajam? Tidak hanya berlaku bagi pelajar atau mahasiswa tetapi bagi semua kalangan. Berikut merupakan tips mempertajam ingatan:

  1. Senam Otak

Di sela-sela aktifitas Anda, cobalah untuk melakukan senam otak. Senam otak dapat dilakukan dengan menghirup udara segar sambil memberi beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab sendiri. Mulailah dari hal-hal sederhana seperti menyebutkan 10 benda yang ada di dapur, 10 benda di ruang kelas, atau pertanyaan-pertanyaan yang memancing daya ingat lainnya.

  1. Makanan Otak

Seperti tubuh, otak membutuhkan nutrisi atau makanan. Jenis makanan yang baik untuk otak yakni sayuran hijau dan buah-buahan seperti bayam, brokoli, selada, pisang, mangga, dsb. Di samping itu, mengkonsumsi ikan yang banyak mengandung omega-3 seperti salmon dan tuna, dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.

  1. Minum air yang cukup

Semua organ di tubuh kita, ‘tak terkecuali otak, membutuhkan air untuk mengoptimalkan fungsinya masing-masing. Idealnya, kita harus minum 8 gelas air setiap hari. Jangan menunggu tenggorokan kering, tetapi minumlah sebelum haus.

  1. Mengistirahatkan otak

Belajar itu baik, namun menjadi tidak baik jika terlalu memaksa otak untuk terus bekerja. Tidur merupakan cara paling efektif untuk mengistirahatkan otak dan pikiran Apakah Anda sedang belajar, bekerja, atau melakukan aktivitas lain, mengurangi jatah tidur merupakan awal dari bencana. Maka dari itu, tidurlah secukupnya, minimal 6 jam sehari.

  1. Pause Break

Saat belajar, berilah timer untuk belajar Anda. Misalkan berhenti selama 10 menit setelah belajar selama satu jam. Gunakan waktu 10 menit tersebut untuk sekedar berjalan-jalan sambil menghirup udara segar atau melakukan olahraga kecil seperti melompat-lompat di tempat. Latihan fisik meningkatkan kadar oksigen dalam otak dan mengurangi resiko penyakit yang menyebabkan berkurangnya daya ingat.

  1. Bermain teka teki silang

Memecahkan misteri dalam teka teki silang merupakan cara yang terbukti sangat ampuh untuk melatih ketajaman otak Anda. Otak dilatih untuk berpikir lebih kritis dan cepat.

  1. Memory Rotate

Cobalah untuk mengingat kembali memori indah di masa lalu. Mengingat kejadian yang sudah lampau dapat memancing daya ingat bahkan bisa membuat kita tertawa. Dan dari helpguide.org, tertawa baik untuk otakmu. Maka dari itu, sering-seringlah tertawa dan jangan menahannya.

Itulah beberapa tips meningkatkan kapasitas otak.

otak-e1409117917333