Memiliki buah hati yang cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Ingin memiliki buah hati dengan tingkat intelegensi yang tinggi ? Sejak buah hati anda lahir, anda sudah bisa mengarahkan mereka untuk tumbuh cerdas. Bagaimana cara mengasuh buah hati yang tepat agar mereka bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas? Berikut ini tips dan triknya:

Pertama, bangun ikatan emosional yang kuat dengan bayi. Apa hubungan antara ikatan emosional dan tingkat kecerdasan bayi? Bayi yang dekat dengan orangtuanya akan merasa bahwa mereka aman. Ketika si kecil merasa aman, otak mereka akan bekerja lebih baik dalam proses belajarnya. Membangun ikatan emosional dengan bayi tidaklah terlalu sulit. Skin contact seperti saat memijat bayi dan sering berbicara kepada buah hati adalah hal yang bisa anda lakukan. Mudah, kan?

Setelah proses membangun ikatan emosional berhasil anda lakukan, langkah keduanya adalah sering berbicara kepada bayi. Tentu saja di usianya sekarang si kecil belum bisa merespon pembicaraan anda. Berbicara dengan bayi setiap hari akan membuat mereka mengenali pattern language dengan baik, sehingga perkembangan bahasanya akan lebih bagus dibandingkan dengan anak-anak lain. Ketika berbicara dengan bayi anda, ada hal yang perlu anda perhatikan, yaitu nada bicara anda. Pastikan bahwa anda berbicara dengan nada yang mudah dan usahakan untuk membuat huruf vokal anda terdengar dengan jelas di telinga bayi. Cara ini juga efektif dalam membantu perkembangan bahasa buah hati anda.

Kemudian, sering-seringlah ajak buah hati untuk keluar dan bergerak bebas. Jika anda terbiasa “membatasi” gerakan buah hati anda di dalam rumah, stroller, dan mobil saja, maka kini saatnya untuk mengubah kebiasaan tersebut. Bawa si kecil keluar rumah dan bebaskan mereka untuk beraktivitas dan bergerak sesuai dengan keinginan mereka. Biarkan mereka melihat ke sekeliling dan mencerna “sinyal” yang diberikan oleh sekelilingnya. Kegiatan semacam ini penting untuk melatih konsentrasi dan fokus buah hati anda.

Kecerdasan anak bisa dibangun dengan kebiasaan menunjuk benda sambil mengucapkannya namanya. Di awal kelahirannya, bayi hanya akan melihat anda saat anda sedang menunjuk dan mengucapkan nama benda. Kemudian, di usianya ke sembilan bulan mereka akan melihat ke arah benda yang anda tunjuk. Selanjutnya, di usia 10 bulan, si kecil akan membawa objek di sekitar mereka untuk ditunjukkan kepada anda.

tips dan trik agar bayi pintar