Furniture mebel kayu jati yang terbuat dari bahan kayu jati merupakan furniture khas Indonesia yang digemari semua lapisan dan masyarakat luar negeri. Indonesia memiliki ribuan hektar hutan kayu jati yang terus dikembangkan hingga saat ini dan didukung banyaknya pengrajin dari beberapa daerah di Jawa yang mengukir kayu jati dengan design yang klasik dan menarik, memberi nilai tambah yang tinggi pada kayu jati sehingga nilai jual mebel jati menjadi semakin tinggi. Furnitur mebel kayu jati memiliki banyak pilihan desain, diantaranya desain furniture minimalis maupun furniture penuh ukiran, keduanya sama-sama memiliki pangsa pasar tersendiri, dari harga yang murah hingga bernilai puluhan juta rupiah.  Produk yang dihasilkan antara lain kursi, sofa, lemari, meja, dll. Design yang terus menerus berubah mengikuti perkembangan selera masyarakat membuat furniture tetap abadi digemari masyarakat. Kekuatan dan keawetan dari kayu jati membuat masyarakat tetap memilih jati sebagai prioritas pilihan pada waktu membeli mebel jati. Sudah lama kayu digunakan sebagai mebel untuk pelengkap dari sebuah bangunan rumah, disamping struktur bangunan rumah yang harus dirancang dengan baik, kehadiran mebel kayu sebagai bagian dari rumah juga sangat diperlukan untuk memberikan nilai artistik, elegansi dan citra diri dari rumah maupun pemilik rumah tersebut. Perawatan mebel kayu juga menjadi hal yang penting. Unsur kayu dapat membangun suasana hangat dan klasik di dalam ruangan anda. Selain itu furniture kayu  juga dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Sebagai pecinta furniture kayu anda harus memiliki cara untuk menjaga dan merawat koleksi anda agar tidak mudah rusak. Furniture mebel kayu jati tidak harus berusia puluhan atau ratusan tahun, tetapi bisa juga hasil reproduksi baru yang mengikuti gaya dan bentuk furniture pada suatu era atau memang produksi baru yang tetap mempertahankan keaslian desain. Tetapi untuk perawatan, sama saja furniture mebel kayu jati tetap kinclong setelah bertahun-tahun kita miliki apabila dirawat dengan baik. Keduanya harus mendapatkan penanganan tepat. Keutamaan dari penggunaan furnitur mebel kayu yaitu memberikan kesan klasik dan mewah serta elegant dari sebuah rumah yang tidak akan didapatkan dari rumah dengan interior Furniture Logam.  Meskipun demikian, keberadaan mebel kayu sebagai interior rumah tidak tanpa kendala, salah satunya warna finishing yang menjadi kusam / pudar dan tak terawat.

Mebel kayu memiliki kelemahan yaitu tidak tahan pada suhu dingin di rangan yang ber AC ini dikarenakan sifat kayu yang menyerap kelembaban sehingga membuat tumbuhnya jamur di permukaan furniture mebel kayu. Hal ini tidak perlu anda khawatirkan, banyak cara untuk membuat furniture mebel kayu yang kusam menjadi baru seperti semula, salah satunya dengan memberikan cairan poles yang banyak dijual di toko-toko furniture. Furnitur mebel atau furniture jati sudah terkenal akan ketahanan dan warnanya yang memberi kesan mewah dan berkelas. Namun karena mebel dari Jepara karena pengaruh lingkungan seperti perubahan cuaca, kelembaban udara, debu, dan lain-lain, mengakibatkan barang mebel jepara furniture kayu jati anda yang dulu ketika dibeli begitu indah kini menjadi kusam seperti kehilangan “auranya”. Memiliki furniture / mebel kayu jati seperti memiliki benda antik yang semakin lama semakin mahal harganya, untuk itu perlu dirawat dengan baik agar tetap awet terjaga keindahannya dan bahkan dapat diwariskan secara turun temurun. Salah satu cara untuk menjaga keindahan furniture kayu adalah dengan cara di polish. Polish adalah cairan yang berguna untuk menggosok furniture dan membuat nya menjadi mengkilat. Furniture lama juga dapat terlihat baru lagi dengan cara di mem-polish. Sebelum mem-polish furniture kayu, anda harus membersihkannya dari kotoran dan debu terlebih  dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencapai hasil akhir yang maksimal.

berikut beberapa tips untuk menjaga Merawat Furniture Mebel Jati anda tetap awet :

  1. Jagalah permukaan furniture dengan baik, menghindari adanya goresan, noda maupun warna yang semakin kusam, misalnya dengan selalu menggunakan taplak di atas permukaan meja atau kursi dan sofa diberi busa sebagai alasnya. Taplak tersebut dapat meminimalkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat merusak mebel antik Anda secara perlahan
  2. Tempatkan furniture Anda di tempat yang memiliki suhu normal dan tidak lembab. Usahakan pula agar furniture tersebut tidak terkena sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya secara langsung, karena dapat membuat furniture Anda terlihat kusam, lapisan retak atau melengkung.
  3. Bersihkan sela-sela ukiran atau sudut furniture jati anda dengan menggunakan kuas halus berukuran kecil. Di titik-titik inilah debu dan jamur sering bersarang. Kuas kecil akan menyapu sudut-sudut yang susah dijangkau dengan kain lap. Sapukan kuas dengan halus sampai bersih.
  4. Gunakan Polish (Cairan Pelapis Furniture) atau pledge untuk membersihkan permukaan furniture anda. Semprotkan pledge ke permukaan mebel dan sela-sela furniture kayu. Semprotkan seperlunya. Jangan sampai berlebihan. Pledge bisa anda dapatkan di toko furniture atau pasaran.
  5. Permukaan mebel jati yang sudah dibersihkan dengan pledge harus dibersihkan dengan kain ball. Kemudian dibiarkan kering. Kain ball bisa dibeli di toko material.
  6. Bersihkan Furniture Mebel Jati anda dengan cara di atas paling tidak satu bulan sekali. Untuk membersihkan debu – debu yang menempel cukup di lap dengan kain Katun/kaus saja.
  7. setiap penanganannya juga harus dilakukan dengan hati-hati Misalnya, cara memindahkan sebuah kursi harus diangkat dari bagian dudukannya, bukan digeser atau hanya dipegang bagian lengan atau sandarannya saja. Karena Anda tidak akan pernah tahu, apabila sambungan kursi tersebut tidak sekuat sebelumnya.
  8. Memoles ulang furniture antik, setidaknya 2 – 3 tahun sekali untuk membuatnya tetap menawan.

Dengan perawatan rutin tersebut dijamin furniture jati anda baik yang minimalis maupun ukiran akan awet sepanjang masa dan bisa  menjadi perabot warisan keluarga. Mari tingkatkan pemakaian Furniture Mebel Jati dalam negeri untuk membantu melestarikan seni ukiran dan mebel Jepara serta mengembangkannya sebagai salah satu kekayaan produk asli Indonesia.

Bangku-Jati-Teras-Minimalis-Teak-Palace-Jepara

Trends Mebel Terbaik:

kursi teras dari palet, furnitur dari palet bekas, kerajinan kayu bekas palet, perabot dari kayu palet, perabot tv pallet, kerajinan dari palet, bufet minimalis dari palet, perabotan kayu pallet, pembuat mengkilap mebel, membuat meja terlihat mengkilap, meja utk ruang tamu dari palet bekas, lemari kayu bekas, kursi unik kayu palet, bangku dari palet, kursi santai dari barang bekas kayu, kursi panjang dari kayu palet, kursi meja bahan kayu bekas palet, kursi dari palet kayu bekas, desain meja dan kursi dari palet, rak tv dari bekas palet