Asi memang penting bagi bayi Anda dan Anda dapat memberi bayi Anda ASI selama 2 tahun. Namun, memberikan makanan padat untuk bayi juga sangat penting ketika mereka telah berusia 6 bulan. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk memperkenalkan makanan padat pada bayi Anda:

  1. Berikan pada umur 6 bulan.

Anda dapat memberikan makanan padat untuk bayi Anda ketika mereka sudah berusia enam bulan. Setelah 6 bulan kebutuhan bayi akan nutrisi meningkat seperti besi, sehingga Anda harus memberinya makan dengan makanan padat yang bergizi.

  1. Perhatikan tanda bahwa bayi anda siap untuk makanan padat.

Akan ada beberapa tanda-tanda bahwa bayi Anda sekarang dapat mencerna makanan padat. Tanda-tanda ini, bayi Anda bisa duduk tanpa dukungan, kontrol kepala yang baik, bayi Anda membungkuk ke depan ketika makanan sekitar, menjangkau untuk makanan, mengambil sendok di dalam mulut, bayi Anda membuka mulut ketika makanan yang ditawarkan.

  1. Memberikan terlalu dini bisa menyebabkan masalah.

Anda tidak harus memberikan makanan padat untuk bayi Anda jika Anda merasa mereka tidak dapat makan atau mencerna atau sebelum usia 6 bulan. Jika bayi Anda lapar, Anda dapat memberikan ASI lagi. Memberikan makanan padat bayi Anda terlalu dini dapat menyebabkan pertumbuhan yang buruk jika Anda telah benar-benar menggantikan ASI dengan makanan padat dan gerakan longgar.

  1. Jangan memulainya terlambat.

Anda juga harus tidak memberikan makanan padat untuk bayi Anda terlambat. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan terganggu karena ASI tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi pertumbuhan bayi Anda. Anda bisa mendapatkan bayi anemia kekurangan zat besi, kekurangan protein dan kekurangan nutrisi lainnya.

  1. Perhatikan ketertarikan bayi Anda.

Kadang-kadang Anda memaksa makanan padat untuk bayi Anda setelah segera setelah mereka mencapai usia 6 bulan. Anda harus memberi mereka sedikit lebih banyak waktu sampai mereka sendiri akan ingin mengambil itu. Jika bayi Anda menutup mulutnya rapat-rapat, bergerak kepalanya menjauh, mulai menangis, mendorong sendok tersebut ketika Anda pertama kali menawarkan dia makanan kemudian mencoba lagi setelah beberapa hari. Jangan memaksa mereka, terus berusaha dan mereka akan segera belajar untuk menerima makanan padat.

  1. Saran makanan pertama.

Anda dapat membuat makanan padat bayi Anda dengan mudah di rumah. Hindari garam, gula dan bumbu dalam makanan mereka. Hancurkan makanan dengan benar dan harus menjadi pasta halus. Kemudian Anda dapat memberinya makan dengan kasar makanan tumbuk. Beras dihaluskan untuk membuat pasta halus dan tambahkan sup untuk itu. Anda juga dapat memberikan makanan jari, potongan sayuran dimasak, buah-buahan, roti, kacang tumbuk, kacang-kacangan dan lain-lain.

  1. Berhenti ketika bayi Anda penuh.

Dia akan dirinya menolak makanan ketika ia penuh dan kemudian tidak memaksanya. Anak Anda mungkin hanya memiliki satu sendok waktu tinju. Bersantai karena mereka secara bertahap akan mengambil lebih dari makanan. Jika bayi Anda menolak dalam upaya pertama, coba setelah beberapa waktu.

cara memperkenalkan makanan padat pada bayi