Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang begitu pesat, tren belanja online pun semakin berkembang di masyarakat, terutama di masyarakat dengan tingkat kesibukan yang tinggi. Belanja online merupakan alternative yang sering dilakukan bagi orang-orang yang sibuk, karena tidak adanya waktu untuk pergi ke mall dan toko-toko demi membeli sesuatu yang diinginkan, akirnya online shop jadi pilihan. Berkembangnya tren belanja online atau online shopping ini diikuti pula dengan semakin banyak munculnya toko-toko online, bahkan tidak sedikit pula para penjual offline kini memperluas pasar mereka ke dunia online. Selain keuntungan kita bisa memperoleh barang-barang unik yang sudah tidak terjual dipasaran masih ada sisi keuntungan lain yang kita peroleh yaitu telah terbukti secara mayoritas bahwa harga yang di tewarkan oleh online shop ternyata lebih murah dibandingkan di toko/di mall, tetapi tidak semua online shop memiliki tawaran harga yang lebih murah. Namun jika tidak cermat dalam memilih toko online untuk berbelanja, belanja online justru bisa merugikan kita sebagai konsumen. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa tips untuk belanja online yang aman dan nyaman.

Berikut beberapa tips belanja online di internet agar aman dan nyaman :

Pilih sistem pembayaran. Anda bisa memilih metode pembayaran yang ditawarkan oleh situs belanja. Rata-rata situs belanja lokal sudah bisa memberikan pembayaran melalui kartu kredit dan telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang terpercaya. Tapi jika tidak, biasanya mereka juga menawarkan pembayaran melalui menu transfer via ATM.

  1. Website yang Terpercaya
    Sebelum anda memulai berbelanja online, anda harus mencari tahu terlebih dahulu dimanakah website jual-beli yang terpercaya (minim penipu). Anda bisa searching di internet mengenai website jual-beli yang udah terpercaya dan cari informasi juga mengenai orang-orang yang pernah berbelanja di website tersebut.
  2. Kenali Penjual
    Disini perlu ada sedikit skill kepo (knowing every particle things). Sebelum membeli produk, baiknya kalau kita mencari tahu asal usul si penjual tersebut. Bagaimana barang jualannya, websitenya, testimonialnya, reputasinya dll. Apalagi kalau penjual yang masih newbie atau yang belum ada reputasi/testimonial, sebaiknya anda lebih berhati-hati, karena informasinya pasti sangat sulit untuk dicari. Tanya lapak kaskusnya apa, Facebooknya apa, website nya apa.
  3. Baca Testimoni
    Lihat testimoni dari buyer yang sudah terlebih dahulu belanja. jangan lihat testimoni di website karena itu bisa dibikin oleh seller. Lihatlah testimoni di Facebook dan Lapak Kaskus, jika rata-rata puas, 90% aman untuk belanja di seller tersebut
  4. Hindari Harga yang Terlalu Miring
    Jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu miring atau murah, karena harga yang terlalu murah itu patut dicurigai. Soalnya harga pasti sesuai dengan kualitas, dan gak mungkin seorang penjual menjual barangnya terlalu murah, karena jelas-jelas itu akan merugikan mereka, kecuali kalau penjual itu adalah penipu.
  5. Kenali Produk
    Kalau anda ingin membeli suatu produk, sebaiknya anda browsing dulu mengenai produk yang ingin anda beli, agar anda lebih mengenal tentang produk tersebut dan apa aja yang disertakan oleh produk tersebut jika anda membelinya (kelengkapannya). Selain itu, supaya anda bisa mencocokan produk yang dijual sesuai atau tidak (harga, foto produk, kelengkapan) dengan iklan yang disediakan penjual
  6. COD (Cash On Demand)
    Singkatan yang sering digunakan para Kaskuser ketika seorang pembeli ingin bertemu dengan penjual. Jadi COD ini adalah kegiatan tranksaksi secara langsung di suatu tempat antara pembeli dan penjual. Cara ini merupakan cara paling aman agar gak ketipu kalau berbelanja online. Jika seorang penjual gak bisa atau gak mau diajak COD, maka anda patut curiga kalau penjual tersebut adalah penipu.
  7. Rekber (Rekening Bersama)
    Rekber adalah salah satu jasa sebagai perantara pembeli dan penjual. Jadi dengan adanya rekber, tindak penipuan bisa diminimalisir. Karena dengan adanya rekber, uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekber, sehingga gak langsung sampai ke penjual sampai barang yang kita beli diterima. Maka dari itu, sebaiknya gunakanlah rekber untuk melakukan transaksi online, tapi carilah juga jasa rekber yang terpercaya.
  8. Simpan Bukti Pembayaran, Email dan SMS
    Sebaiknya, setelah anda melakukan transfer uang, simpalan bukti pembayaran tersebut beserta email dan SMS antara anda dan penjual. Jadi, jika terjadi sesuatu yang gak diinginkan (ditipu), maka anda bisa memberikan bukti tersebut kepada pihak berwajib (polisi) untuk menangani masalah tersebut.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk lebih teliti dan hati-hati dalam bertransaksi secara online.

025337_343028_belanja_online