Ada banyak resiko kesehatan yang mengintip dari kebiasaan sehari-hari yang anda lakukan, salah satunya adalah duduk berjam-jam setiap harinya di kantor. Tidak bisa dihindari memang, kebiasaan kerja seperti ini banyak dilakukan oleh pekerja yang berhubungan dengan komputer atau data dan berkas-berkas. Terlebih lagi jika anda dipaksa untuk melakukan lembur karena pekerjaan kantor yang masih menumpuk. Selain itu, aktivitas anda di kantor didominasi oleh kegiatan duduk seharian yang tentu saja membuat organ sekitaran pinggul hingga punggung terasa begitu tidak nyaman. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pekerja yang lebih banyak duduk saat melakukan pekerjaannya berisiko mengalami obesitas, sakit punggung, osteoporosis dan sakit jantung yang menyebabkan usia harapan hidup menjadi lebih pendek.

Berikut beberapa tips menjaga tubuh agar tetap fit di kantor :

  1. Batasi Waktu Duduk

Duduk dalam waktu yang lama terlebih lagi seharian penuh, dapat meningkatnya resiko memburuknya kesehatan tubuh anda. Kebiasaan seperti ini, juga dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit seperti diabetes tipe 2 dan kanker. Untuk itu ada baiknya, jika sesekali cobalah berdiri dan bangkit atau lakukan kegiatan berjalan-jalan kecil. Peregangan singkat seperti ini dapat membantu tubuh anda mengistirahatkan bagian tubuh yang terus-menerus menekuk terutama saat anda duduk seharian di kantor.

  1. Bersepeda atau Olahraga

Bike to work adalah program sehat yang mulai banyak di ikuti oleh pekerja kantor yang banyak duduk. Bersepeda menuju dan pulang dari kantor bisa membuat peredaran lancar, paru-paru kuat dan bersih, serta keringat menguncur dari pori-pori tubuh. Manfaat lain, Anda bisa lebih hemat di saat harga BBM sedang akan naik seperti saat ini.

  1. Ambilah Waktu Untuk Tidur Siang Singkat

Para peneliti dari Northwestern University dalam studinya menemukan jika tidur siang meskipun dalam waktu yang singkat setelah belajar dapat membantu anda menyerap dan menyimpan informasi yang baru saja anda pelajari. Para ahli dari Johns Hopkins Hospital Sleep Disorder Center juga menyatakan bahwa tidur siang dengan waktu yang singkat dapat meningktakan kewaspadaan yang lebih besar selama beberapa jam. Selain itu manfaat tidur siang juga dapat meningkatkan produktivitas, konsentrasi dan akurasi seseorang.

Dengan tiga cara sederhana ini, maka Anda tetap bisa segar dan sehat walau pekerjaan banyak yang menanti Anda di kantor. Selamat mencoba.

39

Trends Mebel Terbaik:

lemari buku menumpuk dikantor