Untuk Anda para orang tua yang baru mempunyai bayi, khususnya Anda para ayah, tentu saja pernah merasakan kesulitan untuk menenangkan bila si kecil menangis. Menangani bayi yang menangis memang butuh perlakuan khusus. Dan berikut ini tips ampuh menenangkan bayi menangis yang bisa langsung Anda coba.

“Dalam kandungan si ibu selama sembilan bulan, dia sudah mengenal siapa ibunya, namun belum mengenal ayahnya. Maka dari itu sangat mudah untuk ayah menenangkan bayi saat menangis. Karena ini juga merupakan peranan penting dari sosok ayah,” ungkap Dr. Anne Gracia selaku Praktisi Neurosains Terapan di kawasan Jakarta Jumat 24 Juli 2015 kemarin.

Berikut ini tips menenangkan buah hati Anda saat menangis:

  1. Gendong bayi dan ajak berbicara sambil menanyakan kenapa menangis dan tunjukkan bahwa Anda memahami dia.
  2. Tempelkan jari di dekat mulutnya untuk mengetahui apakah dia menangis karena lapar. Jika lapar, bayi akan membuka mulutnya, ketika ada jari ditempelkan dekat mulutnya.
  3. Ayun-ayunkan bayi dengan perlahan.
  4. Buat wajah-wajah lucu sambil ajak bermain.
  5. Gunakan kelingking untuk diemut oleh bayi.
  6. Bawa bayi pergi berjalan-jalan dengansling bayi terikat pada dada Anda.
  7. Cari tahu kesukaan bayi. Jika dia suka musik, Anda dapat menyetel musik kesukaannya.

“Umumnya, bayi senang dan nyaman jika mendengarkan suara ayah, jadi ayah juga bisa bersenandung atau mengajaknya berbicara agar bayi merasa diperhatikan,” tutupnya.

Anda pun tak boleh panik ya saat berusaha menenangkan bayi Anda. Saat Anda dalam kondisi tenang, bayi Anda pun bisa lebih mudah untuk kembali tenang.

tips menenangkan bayi menangis

Trends Mebel Terbaik:

ayun bayi hias