Setiap orang memiliki tujuan dalam hidup mereka. Hal itu bisa berbentuk tujuan jangka panjang seperti membeli rumah atau tujuan jangka pendek seperti menurunkan berat badan. Tujuan itu tidak selalu mudah untuk dicapai, dan di tahun yang baru ini Anda bisa mewujudkan beberapa resolusi Anda yang telah tertunda. Berikut adalah tips agar Anda bisa tetap fokus pada tujuan Anda di tahun 2015.

  1. Buatlah tujuan yang masuk akal dan mungkin

Buatlah tujuan Anda menjadi sedikit lebih mudah bagi Anda, sehingga Anda bisa mewujudkannya. Semisal, menurunkan berat badan beberapa kilogram setiap bulan lebih mudah dibanding langsung menjadi langsing dalam sebulan. Ketika Anda berfokus pada tujuan yang lebih mudah, akan lebih mudah untuk Anda menaatinya karena itu tidak membuat Anda menjadi terlalu stres. Dengan begitu, Anda masih bisa fokus pada hal-hal lain dalam hidup Anda, dan bukannya hanya terobsesi pada tujuan tersebut. Namun, jangan pula membuat gol Anda menjadi terlalu mudah untuk dicapai.

  1. Memiliki sikap yang santai

Tidak mudah untuk tetap berada di jalur yang telah Anda tentukan sendiri. Akan ada saat-saat ketika Anda merasa lelah dan mempertanyakan tentang pilihan dan tujuan Anda. Ketika itu terjadi, cobalah untuk bersantai sejenak dan jangan biarkan pikiran negatif mengambil alih kepala Anda. Biarkan itu tetap dingin.

  1. Membuat semacam hukuman ringan setiap kali anda membelok dari tujuan anda

Semisal, jika Anda makan terlalu banyak atau menghabiskan terlalu banyak untuk bermalas-malasan, Anda akan memberi hukuman untuk diri Anda. Hukuman itu bentuknya bisa bermacam-macam, seperti tidak menyantap makanan favorit Anda selama sebulan. Hukuman kecil yang Anda berikan kepada diri Anda, akan membantu Anda untuk lebih fokus pada tujuan Anda.

  1. Fokus pada bagimana tujuan anda mempengaruhi aspek lain dari kehidupan anda

Jangan hanya berpikir tentang tujuan Anda, tetapi juga berpikir tentang bagaimana tujuan itu telah mempengaruhi hidup Anda. Buatlah tujuan yang akan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik. Dan jangan membuat sebuah gol yang hanya mampu memuaskan kesenangan Anda untuk sementara waktu.

  1. Merenung

Meditasi dapat membantu Anda untuk lebih fokus pada banyak hal dalam hidup, dan juga dapat membantu Anda fokus pada tujuan Anda. Luangkan beberapa menit setiap pagi untuk memikirkan hari-hari sebelumnya dan kemudian bermeditasi. Menjaga pikiran tetap tenang juga dapat membantu Anda memutuskan apa yang harus dilakukan di hari berikutnya. Merenunglah setiap kali pikiran Anda didera oleh keraguan.

  1. Meminta orang lain untuk membantu anda menjaga tujuan anda

Jika Anda berpikir Anda tidak memiliki kemauan yang kuat untuk tetap fokus pada tujuan hidup Anda, tidak pernah malu untuk meminta bantuan dari orang lain. Anda bisa meminta keluarga dan teman-teman Anda untuk selalu mengingatkan Anda tentang tujuan Anda, dan mendorong Anda untuk maju setiap kali Anda merasa ragu.

Itulah beberapa tips agar bisa wujudkan resolusi di tahun baru. Selamat mencoba.

man-working