Sama seperti orang dewasa, bayi pun bisa mengalami sulit tidur yang sering kali membuatnya rewel di malam hari. Bunda pun akan dibuat repot jika si kecil sudah mulai merengek karena sulit tidur. Anda yang sudah capek seharian bekerja harus dihadapkan dengan buah hati yang tak kunjung terlelap. Masalah sulit tidur memang normal dialami oleh bayi. Sulit tidur bisa diakibatkan oleh beberapa hal seperti merasa lapar, tidak enak badan, tidak nyaman dengan keadaan sekitar, atau bingung memulai tidurnya. Kalau sudah begini apa yang bisa dilakukan Bunda? Nah, untuk membantu Bunda yang bayinya sedang sulit tidur, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

  1. Beri wewangian yang menenangkan
    Beberapa bayi akan lebih mudah terlelap tidur dengan wewangian menenangkan yang ada di sekitarnya. Bunda bisa meletakkan tisu dengan aroma lavender atau minyak esensial lainnya agar si kecil lebih mudah terlelap. Tapi, hindari menggunakan wewangian pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan dan bayi yang sensitif dengan wewangian.
  2. Periksa apakah si kecil mengalami GERD
    GERD atau gastro esophageal reflux disease adalah sebuah gangguan kesehatan yang bisa memicu bayi sulit tidur. GERD menyebabkan otot yang berada di antara lambung dan kerongkongan terganggu sehingga asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan nyeri. Gejala dari GERD diantaranya adalah mual, muntah, dan sulit makan.
  3. Tempatkan bayi di tempat tidur dengan tepat
    Saat Bunda selesai menimang si kecil dan akan menempatkannya di tempat tidurnya, pastikan Anda melepas tangan dengan lembut sehingga ia tidak kaget dan terbangun. Lalu, cobalah untuk mengusap lembut perut, lengan, dan kepalanya untuk menenangkan dan membuatnya merasa aman sehingga si kecil tidak terbangun lagi di malam hari.
  4. Buat jadwal tidur untuk si kecil
    Bayi yang terlalu lelah biasanya sering mengalami sulit tidur. Maka dari itu, sangat penting bagi Bunda untuk menetapkan jadwal tidur yang teratur untuk buah hati Anda. Perlu Anda ketahui bahwa bayi yang tidur terlalu dini bukan berarti ia akan bangun lebih awal dan bayi yang tidur terlalu malam biasanya akan bangun lebih siang.
  5. Memakai piyama
    Baju yang sudah dipakai sebelumnya di sore hari sering kali sudah kotor karena keringat atau sisa makanan yang menempel. Untuk itu, sangat penting bagi Bunda untuk mengganti baju si kecil dengan piyama untuk tidur. Dengan pakaian yang nyaman, si kecil akan merasa lebih nyaman dan mudah terlelap tidur.

tips agar bayi cepat tidur