Di musim penghujan seperti saat ini, kondisi tubuh seringkali mengalami kemunduran. Rutinitas sehari-hari diluar rumah membuat tubuh rentan terhadap virus melalui udara atau lingkungan sekitar. Pilek dan batuk merupakan penyakit rutin yang dialami seseorang bila musim pancaroba datang. Tubuh yang mengalami kelelahan berlebih biasanya mudah terserang flu dan demam tinggi. Terkadang Anda takut untuk mengkonsumsi jenis obat-obatan yang beredar dipasaran untuk menyembuhkan flu dan batuk. Ada kalanya seseorang enggan pergi ke dokter hanya untuk memeriksakan diri. Ladies, ternyata ada cara lain lho untung mengobatai flu dan batuk tanpa harus pergi ke dokter dan mengkonsumsi obat-obatan yang justru akan berakibat fatal.

  1. Makanan: Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C sangatlah baik, seperti berry, jeruk, brokoli. Biasakan sarapan dan cukupi kebutuhan kalori dalam tubuh selama sakit.
  2. Higeenis: Mulailah menjaga pola hidup sehat, misalnya saja hal terkecil seperti selalu mencuci tangan Anda usai bersin, batuk atau membersihkan lendir dalam hidung.
  3. Tidur: Memejamkan mata dan membaringkan tubuh Anda selama 8 jam perhari dinilai cukup ideal demi menstabilkan kondisi tubuh. Hindari kebiasaan bergadang yang akan mengakibatkan masuk angin.
  4. Olahraga: Kondisi tubuh yang lemah dan kurang fit tidak ada larangan untuk Anda melakukan olahraga. Justru hal ini dinilai baik karena akan memperlancar peredaran darah serta memperbaiki sistem pernapasan.
  5. Hidrasi: Banyak mengkonsumsi air putih agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan namun hindarilah minuman dingin dan bersoda.
  6. Urination: Jika Anda dalam kondisi flu dan batuk, ada baiknya jika Anda buang air kecil/kencing setiap 1-2 jam.
  7. Pernapasan: Buanglah lendir yang terdapat dalam hidung agar pernapasan Anda tidak mengalami penyumbatan.

Itulah beberapa cara agar tidak terserang flu dan batuk. Semoga bermanfaat.

pilek460