Sebagai orangtua, apalagi orang tua baru, biasanya sering mendengar banyak nasehat tentang bayi dari dari para orang tua. Nasehat-nasehat itu tentu saja ada yang benar, tapi terkadang ada yang hanya sekedar mitos belaka. Jangan terlalu ditelah mentah-mentah nasehat tersebut, siapa tahu hanya mitos. Sebaiknya pelajari terlebih dahulu. Berikut beberapa nasehat ini ternyata hanya mitos belajar, pelajari selengkapnya:

  1. Jangan ragu untuk sering-sering menggendong buah hati. Sering digendong justru tidak membuatnya manja.

Jika bayi Anda ingin digendong setiap saat, dia akan menjadi anak yang manja. Jangan ragu untuk menggendong dia. Anda tidak akan terjebak dalam situasi terlalu memanjakan bayi hanya karena Anda sering memeluk dia. Justru riset menemukan bahwa anak-anak yang memiliki hubungan dekat dengan orangtuanya punya kepercayaan diri lebih besar dan kemampuan beradaptasi yang lebih kuat

2.              Antara kaki bengkok dengan bedong tidak ada hubungannya sama sekali. Bedong Membuat Kaki Tidak Bengkok.

Konon, selain ampuh meluruskan kaki bayi yang bengkok, bedong juga membuatnya tidak cepat masuk angin, tidur nyenyak, dan tidak kagetan. Apalagi kalau bedongannya dibuat sekuat mungkin atau istilahnya “dibedong lontong”.

Asal tahu saja, antara kaki bengkok dengan bedong tidak ada hubungannya sama sekali. Semua kaki bayi memang bengkok. Nanti, dengan semakin kuatnya tulang anak dan kian besarnya keinginan untuk bisa berjalan, kaki anak akan lempeng sendiri. Perkembangan fisiologis kaki memang seperti itu.

3.              Kuku Bayi Tidak Boleh Dipotong Sebelum Usia 40 Hari.

Kuku bayi yang panjang justru dapat melukai wajahnya. Bahkan melukai kornea matanya. Larangan itu mungkin muncul karena ibu-ibu khawatir memotong kuku sebelum bayinya berusia 40 hari, akan melukai kulit jari tangan atau kaki bayi. Karena itu kehati-hatian diperlukan saat memotong kuku bayi. dan gunting yang digunakan juga gunting khusus untuk memotong kuku bayi.

4.              Berbahaya Memberikan Imunisasi Saat Bayi Demam Atau Panas.

Kenyataanya, demam kecil tidak akan menurunkan respon kekebalan tubuh pada bayi atau meningkatkan resiko reaksi berlebihan dari imunisasi.

5.              Penting Menjaga Botol dan Dot Bayi Tetap Steril.

Orang tua hanya perlu mensterilisasi botol dan dot pada saat mereka dikeluarkan dari kotaknya. Setelah itu, mencucinya dengan sabun dan air sudah cukup karena bayi terekspos bakteri lebih banyak dari lingkungan mereka dibandingkan dari botol yang mereka pakai.

6.              Jemur pakaian bayi lewat magrib mengundang penyakit.

Mitos ini bisa jadi benar bila Anda menjemur pakaian di luar ruangan, seperti halaman. Maghrib adalah saat pergantian sore menuju malam. Pada saat ini biasanya binatang kecil (serangga)—yang di tubuhnya tertempel serbuk sari bunga, ramai-ramai keluar meninggalkan sarang.

Nah, jika baju si kecil masih berada di luar rumah, besar kemungkinan serangga dan serbuk sari tersebut akan menempel di baju bayi. Akibatnya, ketika dipakai bisa menimbulkan gatal-gatal di kulit atau bersin-bersin yang menyerupai pilek, terutama pada bayi yang memiliki bakat alergi.

7.              Bayi jangan diajak ke luar rumah sebelum 40 hari.

Ada baiknya memang bila Anda menuruti nasihat untuk tidak mengajak bayi ke luar rumah di usia terlalu dini. Bayi yang usianya masih dalam hitungan hari memiliki daya tahan tubuh yang amat rendah. Jadi, kalau ada kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuhnya, ia akan dengan mudah jatuh sakit.

092909_bayi

 

Trends Mebel Terbaik:

mitos bayi tidak boleh tidur di tengah, mitos anak tidak boleh tidur di tengah, kenapa bayi tidak boleh tidur di tengah, mitos bayi tidur di tengah, mitos anak tidur ditengah, bayi tidur di tengah orang tua, mitos bayi tidur ditengah, mitos anak tidur di tengah orang tua, mitos bayi di apit tidur, kenapa anak tidak boleh tidur di tengah, mitos bayi tidak, bolehkah anak tidur ditengah orang tua, bolehkan baju bayi satu lemari dengan baju orang tuanya, boleh apa tidak bayi tidur di tengah, kenapa bayi tidak boleh tidur di tengah menurut mitos jawa, kenapa bayi tidak boleh tidur diapit, kenapa bayi yang baru lahir tidak boleh ditaruh di tengah, Kenapa kalau anak tidur di tengah tengah orangtua nya tidak boleh?, tidur anak ditengah, menurut orang jawa bayi tidur ditengah orang tuanya, benarkah bayi tidak boleh tidur di tengah tengah kedua orang tuanya?, benarkah anak tidak boleh tidur di tengah, anak tida boleh tidur di tengah, anak tidur di tengah#spf=1, anak tidur ditengah, anak tidur ditengah tengah orang tua, apakah anak tdk boleh tidur di tengah, apakah bayi boleh tidur di tengah, apakah boleh tidur bertiga anak di tengah, apakah di larang anak bayi tidur di tengah kedua orang tuanyq, bayi boleh ga tidur dite, bayi digendong ditengah pintu, bayi tidak boleh tidur di tengah orang tua, bayi tidur ditengah, bayi tidur ditengah ortu, bayi tidur gak boleh di tengah orang tua