Menyuapi bayi kelihatannya memang sedikit merepotkan. Perlu teknik tersendiri, agar bayi yang belum begitu terampil makan, bisa menikmati makannya dengan aman dan nyaman. Jangan sampai dia malah tersedak dan memuntahkan semua makanannya.

  1. Duduk di depan bayi ketika menyuapi

Pandang matanya, ajak dia bicara, dan yakinkan bahwa dia siap untuk diberi makan.

  1. Berkosentrasi

Jangan biasakan meletakkan mainan di dekat tempat makan bayi atau menyuapinya di depan televise. Hal ini akan menggangu bayi belajar berkonsentrasi untuk mengunyah dan menalan dengan baik, Anda pun perlu berkonsentrasi ketika menyuapinya.

  1. Mulai sedikit dulu

Sekalipun menggunakan sendok kecil yang cenderung pipih, namun suapi seujung sendok dulu. Bila dia mulai terampil makan, baru ditambah sedikit demi sedikit.

  1. Posisikan makanan di mulut dengan benar

Taruh sedikit makanan di ujung sendok, masukkan makanan itu sampai kira-kira menyentuh bagian tengah langit-langit mulutnya. Biasanya, bayi mengatupkan mulutnya dan langsung menelan.

  1. Siapkan air putih untuk minum

Bisa dimangkuk kecil untuk disendoki, bisa pula di cangkir khusus bayi. bisanya, setelah makan, bayi langsung ingin minum.

  1. Tak perlu dihabiskan

Kita, seringkali khawatir bayi kekurangan gizi, sehingga memaksa menyuapinya dalam jumlah banyak. Padahal, dengan perutnya yang masih kecil, biasanya anak usia satu tahun hanya membutuhkan sekitar satu sendok makan penuh untuk satu waktu makan. Seiring pertambahan usianya, porsi makannya akan bertambah pula.

Resep-Makanan-Bayi-Usia-Enam-Bulan