Tanda-tanda melahirkan adalah hal yang harus diketahui orang tua. Terutama jika anda memutuskan untuk persalinan normal dan sudah mendekati hari perkiraan lahir (HPL). Proses melahirkan yang digambarkan di televisi atau film dimana air ketuban pecah dan tidak terkonrol, serta kontraksi yang jelas dengan rasa sakit yang tidak tertahankan adalah hal yang keliru. Memang betul bahwa proses melahirkan akan sisertai air ketuban pecah. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk semua wanita. Ada wanita yang mengalami tanda-tanda melahirkan secara cepat, namun tidak sedikit pula wanita yang lebih lambat mengalaminya atau malah cenderung tidak jelas. Oleh karena itu, jika Anda tidak yakin, selalu utamakan menghubungi dokter yang menangani Anda. Nah, kenalilah tanda-tanda ibu mau melahirkan berikut ini supaya anda lebih siap :

  1. Kontraksi

Kontraksi adalah kondisi di mana rahim akan mengencang dan menjadi lebih rileks karena sedang bersiap mendorong bayi keluar. Kontraksi ini akan terasa sakit seperti hari-hari pertama menstruasi. Rasa sakit ini akan semakin intens menjelang saatnya melahirkan.

Kontraksi yang semakin menguat ditandai dengan jarak waktu yang lebih teratur dan singkat. Misalnya, setiap 30 – 70 detik. Jika kontraksi tidak terjadi secara teratur dan menghilang saat Anda mengganti posisi tubuh, maka hal ini adalah Braxton Hicks.

  1. Punggung Sakit

Punggung cenderung terasa pegal dan sakit selama kehamilan karena adanya beban tambahan tubuh yang bertumpu pada punggung dan tertariknya otot-otot perut. Saat melahirkan, punggung bagian bawah biasanya akan terasa sakit dan terus-menerus kram.  Rasa sakit ini adalah bagian kontraksi dan biasanya terasa dari punggung lalu pindah ke bagian depan tubuh.

  1. Air ketuban pecah

Air ketuban adalah cairan yang melindungi janin selama masih di dalam kandungan. Air ketuban yang pecah bisa berupa aliran deras atau hanya berupa tetesan. Jika air ketuban sampai keluar, artinya waktu melahirkan sudah sangat dekat sehingga anda perlu segera pergi ke rumah sakit.

  1. Keluarnya lendir kental

Ketika hamil, terdapat sumbatan berupa lapisan lendir yang menutup bukaan serviks anda. Menjelang melahirkan serviks semakin melunak dan membesar untuk mempersiapkan jalur kelahiran, sehingga sumbatan ini pun menipis dan dapat menetes keluar. Biasanya, sumbatan ini akan keluar dalam bentuk lendir kental atau jelly yang berwarna merah muda kecoklatan. Gumpalan ini dapat langsung keluar atau berupa gumpalan kecil yang terjadi berulang kali.

Apa pun hal tidak normal yang terjadi saat Anda berada di trimester ketiga kehamilan bisa saja merupakan tanda persalinan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tetap memeriksakan diri ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Hal ini juga dilakukan meski HPL masih jauh demi keamanan Anda dan keselamatan janin.

6-5-Tanda-Anda-Akan-Melahirkan-Bayi-Perempuan

Trends Mebel Terbaik:

kursi sofa ibu melahirkan, Melahirkan di sofa bangku