Menjadi orang tua bukan tugas yang mudah. Anda harus belajar untuk menjadi sabar, dan berusaha menyaring setiap kata yang anda sampaikan pada anak. Selain itu, berikan juga contoh sikap yang baik padanya. Selain kata-kata, anda juga harus bisa mencotohkan sikap yang baik padanya. Merasa kesal pada anak-anak adalah hal yang lumrah selam orang tua tidak berlebihan. Cinta orangtua pada anak, sepanjang masa. Tak peduli bagaimana sifat dan ulah anak, orangtua pasti selalu menggulirkan rasa sayang tanpa henti. Namun, ada beberapa hal yang tidak perlu anda lakukan pada si kecil pada saat sedang marah. Berikut beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan kepada anak saat sedang marah :

  1. Menggunakan bahasa kasar

Tidak sedikit orang tua menggunakan bahasa kasar kepada anaknya. Sikap seperti ini akan menumbuhkan kesan buruk pada si kecil sehingga membuat mereka jadi keras. Jadi, jangan pernah menggunakan bahasa kasar saat sedang marah.

  1. Membandingkan dengan anak lain

Sebagian orang tua sering membandingkan anak mereka dengan anak lain. Ini memiliki dampak buruk pada harga diri anak dan sangat melukai hati mereka. Sikap semacam ini tidak boleh diadopsi oleh orang tua karena akan berdampak buruk pada mental anak. Sebagai orang tua yang baik, anda harus membuang sikap semacam ini jauh-jauh. Perbandingan  hanya akan membuat anak anda merasa bingung dan menjadi kurang percaya diri. Anak-anak bahkan mungkin membenci orang tua mereka karena mereka selalu mendapatkan perlakuan buruk dari perbandingan tersebut (terhadap kakak, adik, atau anak-anak lain), sedangkan perkembangan setiap anak berbeda.

  1. Membuat mereka tidak percaya diri

Hal ini terkait dengan poin sebelumnya yang berbicara tentang membuat perbandingan yang tidak rasional. Jangan mengatakan hal-hal seperti “Kamu nakal” atau “Kamu tidak mampu melakukan hal itu”. Kata-kata semacam itu bisa menurunkan rasa percaya diri anak dan hanya akan memperburuk hubungan antara Anda dan anak Anda.

  1. Melakukan kekerasan fisik

Jangan pernah melakukan kekersan fisik pada anak untuk membuat sikecil menjadi penurut. Karena kekerasan hanya membuat mereka semakin berontak.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika anda sedang marah. Jangan biarkan kemarahan menguasai akal sehat anda, dan mendorong anda mencontohkan sesuatu yang tidak baik pada anak anda.

11. Hadiah untuk Perilaku Buruk Anak