Bukan hanya balita saja yang senang diajak ngobrol. Bayi yang belum bisa bicara jelas pun senang menceritakan apa yang ia pikirkan dan lakukan. Ajak dia ngobrol. Perkembangan bahasa bayi luar biasa! Memahami proses perkembangan bahasa bayi, mata kita terbuka bahwa ternyata banyak sekali yang dapat ‘dikatakan’ seorang bayi. Anda pun terkagum-kagum dan semakin bergairah mengajaknya bicara. Memperhatikan tahap bicara bayi mesti ibu lakukan sedini mungkin. Tahapan ini dapat dijadikan parameter ada atau tidaknya gangguan perkembangan pada seorang anak.

Tentu saja, ibu juga tak mengabaikan perkembangan lain seperti motor kasar-halus, dan sosialisasi yang juga penting  dalam menentukan optimal atau tidaknya perkembangan seorang anak. Apalagi otak manusia pada 3 tahun pertama kehidupannya merupakan organ yang sangat pesat pertumbuhan dan perkembangannya. Di periode perkembangan pesat ini ibu dapat memanfaatkannya sebaik mungkin untuk menstimulasi anaknya.

Berikut ini perkembangan bahasa bayi usia 0 – 12 bulan dan stimulasi yang tepat sesuai rentang usianya.

  1. Perkembangan bahasa bayi 0-1 bulan
  2. Perkembangan bahasa bayi 1-6 bulan
  3. Perkembangan bahasa bayi 6-12 bulan

Waspada Terlambat Bicara. Terlambat bicara adalah tanda atau gejala dari beberapa keadaan seperti gangguan pendengaran, autisme, retardasi atau keterbelakangan mental, bilingual (penggunaan lebih dari satu bahasa), dan gangguan perkembangan multisistem (salah satu bentuk kelainan perkembangan yang muncul dalam bentuk gangguan relasi dan komunikasi). Jika bayi Anda terlalu diam atau tidak mengoceh sesering bayi-bayi lain, segera periksakan ke dokter. Deteksi dini penting dilakukan agar intervensi atau penatalaksanaan stimulasi dapat segera dilakukan.

mengajak-bayi-bicara

Trends Mebel Terbaik:

toko pakaian bayi kota ambon umur 0-12bulan