Masih ingatkah pesan orangtua dulu ketika kita masih kecil agar menjaga kebersihan. Bukan hanya dengan mencuci tangan tapi juga dengan rajin memotong kuku. Dulu, hal ini mungkin dianggap sepele tapi sekarang kuku panjang selalu dikaitkan dengan alasan kecantikan dan sebagainya. Padahal gara-gara tidak memotong kuku, Anda bisa memberi kesempatan penyakit hinggap di tubuh. Mengutip laman Healthmeup, Senin (5/1/2015), sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti Amerika dari Infectious Disease Society of America mengungkapkan bahwa kuku panjang atau tiga milimeter saja di luar ujung jari dapat menyimpan bakteri berbahaya bagi tubuh.

“Kebanyakan orang tidak mencuci tangan dengan cukup baik dan benar. Padahal semua orang harus menghabiskan setidaknya 15 detik untuk mencuci tangan termasuk kuku untuk menyingkirkan kuman tak terlihat,” kata penulis studi, Dr Carol A. Kauffman.

Jika Anda harus memiliki kuku panjang, penting bahwa Anda menjaga kebersihannya. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menjaga kesehatan kuku, yaitu:

  1. Pastikan menggunakan sarung tangan saat memasak, membersihkan dan mencuci untuk mencegah kuman di bawah kuku.
  2. Hindari menggigit kuku, karena merupakan kebiasaan buruk yang memungkinkan kuman masuk ke dalam tubuh Anda.
  3. Mengonsumsi makanan bergizi dan diet yang mencakup kalsium, protein dan vitamin agar kuku sehat.
  4. Minum lebih banyak air untuk menjaga kuku tetap terhidrasi.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan kuku.

cara-membersihkan-menjaga-kesehatan-kuku-kaki