Daun pepaya dikenal memiliki rasa yang sangat pahit. Namun di Sleman Yogyakarta, di tangan koki-koki cilik, daun pepaya justru diolah menjadi puding yang berkhasiat mencegah demam berdarah, tanpa adanya rasa pahit sedikitpun pada puding daun pepaya yang dibuatnya. Puding daun pepaya, mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Selama ini daun pepaya memiliki rasa yang sangat pahit, namun di Sleman Yogyakarta, ditangan koki-koki cilik, daun pepaya bisa diolah menjadi hidangan puding yang menarik dan tentunya menggoyang lidah. Cara membuat puding daun pepaya ini tidaklah susah. Hampir sama dengan pembuatan puding pada umumnya. Bahkan bahan pendukung yang digunakan juga seperti gula, susu, mentega, dan telur. Hanya perlu perlakuan khusus, saat mencapurkan susu ke dalam adonan puding agar rasa pahit pada daun pepaya hilang. Selain berkhasiat untuk mencegah demam berdarah dan malaria, puding daun pepaya ini bisa menjadi solusi bagi orang tua yang mengalami kesibukan unuk mengajak anaknya menyantap sayur. Dengan cara olahan seperti ini diharakan para anak-anak lebih menyukai sayuran tanpa harus dipaksa oleh orang tua mereka .

Berikut beberapa tips cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya :

  1. Rebus daun pepaya dengan tanah liat, ambillah 1 genggam tanah liat trus masukkan kedalam air rebusan daun pepaya.
  2. Merebus daun papaya bersama beberapa lembar daun jambu biji yang sudah tua. Yang sudah dipraktekan adalah merebus 3 lembar daun pepaya bersama 10 lembar daun jam bu biji. Kalau sudah empuk, buang daun jambu bijinya dan cuci daun pepaya untuk diolah lebih lanjut.
  3. Meremas-remas daun pepaya menggunakan garam hingga daun pepaya layu berair. Lalu cuci daun papaya hingga bersih dan rebus sebentar sebelum diolah lebih lanjut.
  4. Rebus daun pepaya bersama daun singkong. Tapi perbandingan daun singkongnya lebih banyak. Untuk tips ini setelah daun empuk, cuci bersih dan daun singkongnya bisa langsung diolah bersama daun pepaya.
  5. Rebus bersama dengan daun jambu mete. Jika sudah empuk cuci bersih dan buang daun jambu metenya.

11.-Puding-Apel-Hijau

Trends Mebel Terbaik:

puding daun pepaya, cara membuat puding daun pepaya, resep puding daun pepaya, Puding daun singkong, puding dari daun pepaya, Cara membuat puding dari daun pepaya, puding daun, agar agar dari biji pepaya, puding daun sirih, blitar adakah tanah liat untuk merebus daun kates, olahan puding daun pepaya, agar2 daun pepaya, olahan daun pepaya, kerajinan dari daun pepaya, daun untuk membuat agar agar, langkah langkah membuat puding dari daun pepaya, laporan pembuatan puding daun pepaya, latar belakang puding dari daun pepaya, manfaat puding daun pepaya, daun pepaya, resep puding pepaya, cara membuat puding daun, cara membuat puding dari daun sirih, cara membuat puding dari daun jambu biji, cara membuat puding dari daun, cara membuat agar-agar daun pepaya, cara buat agar agar daun pepaya