Kebersihan mulut dan gigi sangatlah penting, tidak hanya berlaku bagi orang dewasa saja, tetapi kebersihan mulut dan gigi buah hati Anda juga perlu diperhatikan. Namun, saat si kecil belum bisa membersihkan mulut dan menyikat giginya sendiri, orang tualah yang mengambil peran penting untuk merawatnya.

Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, MKes mengatakan, anak usia dua tahun sedang gemar-gemarnya mengkonsumsi makanan yang manis. Ada baiknya Anda sebagai orang tua membersihkan mulut, gigi dan gusi anak setiap harinya. Perlu dicatat, hal tersebut harus lakukan dengan cara yang aman dan nyaman untuk si kecil.

“Kita bantu membersihkannya pakai kapas, tapi jangan lupa untuk pakai air matang, jangan air mentah ya. Kapasnya di tangan si ibu, boleh pakai pasta gigi, tapi harus cair. Pasta gigi itu bisa dicairkan,” ungkap Tri Erri Astoeti saat ditemui di Lotte Shopping Avenue Kuningan Jakarta Selatan belum lama ini.

Ia juga menambahkan, pada bayi sebaiknya dibiasakan untuk mengenal benda yang masuk ke mulut. Hal tersebut tentu saja sekaligus melatih si kecil, misalnya dengan memberikan benda seperti sikat gigi untuk dipegangnya.

“Sesuatu yang masuk ke dalam mulut itu harus dibiasakan sejak kecil, di rumah ada sikat gigi kan, suruh aja pegang itu. Orang tua harus berperan aktif dalam hal ini,” tutupnya dengan tegas.

Jadi, jangan lupa untuk membiasakan serta membantu anak Anda dalam menjaga kebersihan mulut, gigi dan gusinya dimulai dari kecil.

kesehatan-gigi-anak1