Bagi ibu hamil yang telah melahirkan, biasanya dipusingkan oleh kehadiran stretch mark yang mengganggu dan merusak penampilan. Parahnya lagi, strech mark sulit untuk dihilangkan. Strech mark atau guratan ini merupakan timbulnya garis-garis berwarna merah muda pada kulit. Lama kelaman garis merah ini akan berubah menjadi garis warna putih. Strech mark biasanya disebabkan oleh pembesaran tubuh yang membuat kulit meregang. Akibatnya, kulit seperti pecah dan timbul garis-garis atau guratan tersebut. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya strech mark seperti keturunan, hormon, nutrisi, dan hidrasi yang terjadi saat anda sedang hamil. Pada hampir semua wanita yang sedang hamil, strech mark tidak dapat dielakkan. Biasanya ini akan muncul pada usia 4-5 bulan kehamilan. Ini adalah hal yang wajar bagi seorang wanita hamil akan mengalami pembesaran perut sebagai tanda pertumbuhan janin dan rahim. Saat peregangan terjadi, kemunculan strech mark atau guratan biasanya disertai rasa gatal. Jika digaruk secara berlebihan, dapat menyebabkan luka pada kulit. Pada wanita hamil yang telah melahirkan, garis-garis akan memudar setelah bayi lahir, namun umumnya tidak dapat hilang 100% karena sudah terjadi robekan di bagian jaringan bawah kuli. Keadaan stretchmark pada kehamilan itu sendiri lebih banyak dipengaruhi oleh perubahan kondisi hormon kehamilan dan peregangan dinding perut yang berlebihan. Himbauan untuk menggaruk daerah perut lebih pada tujuan menghindari luka lecet dan infeksi pada kulit bukan untuk mencegah timbulnya stretchmark. Untuk ibu hamil disarankan tidak menggunakan aneka macam krim pemutih untuk menghilangkan stretchmark tanpa seijin dokter atau bidan.

Berikut cara menghilangkan streth mark secara alami :

  1. Rajin mengoleskan minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, dan pelembab non alergemik yang aman setelah mandi
  2. Konsumsi makanan yang mengandung vit A, C, E agar kulit tetap segar
  3. Memenuhi kebutuhan protein terutama albumin yang cukup untuk kolagen kulit terjaga selama kehamilan. Contoh menu cukup banyak mengandung albumin dan telur lele putih. Buah-buahan segar untuk sumber vitamin alami seperti jeruk, stroberi, tomat dan sebagainya.
  4. Air minum yang memadai perlu untuk menjaga kulit segar dan elastis.
  5. Gunakan pelembab kulit yang aman pada tubuh. Sebisa mungkin tidak menggunakan obat-obatan yang mengandung obat steroid dalam jangka panjang.

Strech mark memang dapat menggangu penampilan. Tetapi, hendaknya tidak membuat anda tidak percaya diri. Dengan perawatan dini yang baik, semoga stretch mark yang mengganggu dapat dihilangkan.

172849_073300selulita