Sering mual, pusing membuat hal yang paling banyak dikeluhkan oleh wanita hamil. Terkadang pusing ini bisa semakin parah dan anda tidak tahu penyebab pastinya. Biasanya ibu-ibu mengalami rasa pusing yang kuat dan membuat malas beraktivitas. Berikut beberapa penyebab serasa pusing saat hamil :

  1. Melebarnya pembuluh darah

Perubahan hormon yang terjadi saat anda hamil mampu melebarkan pembuluh darah. Sehingga tubuh akan mengalirkan lebih banyak darah ke bayi anda. Sistem kardiovaskular dan detak jantung anda akan meningkat. Hal ini disebabkan karena aliran darah ke otak yang tidak lancar dan ini disebabkan oleh karena peningkatan kadar hormon selama kehamilan.

  1. Meningkatnya aliran darah

Aliran darah yang tidak lancar tadi juga disebabkan karena peningkatan aliran darah ke janin yang diperlukan oleh bayi. Meningkatnya aliran darah ke bayi anda berarti pula bahwa tekanan darah anda akan menurun. Jadi wajar saja bila ibu hamil mengalami pusing, sakit kepala, mual, dan muntah.

  1. Munculnya tekanan di pembuluh darah

Seiring dengan membesarnya kehamilan, maka rahim anda akan menekan pembuluh darah anda yang disebut vena kava. Jenis vena ini termasuk vena besar yang bertugas membawa kembali darah dari tubuh bagian bawah ke jantung anda. Tekanan ini tentunya mampu membuat supplai arah ke otak berkurang dan menyebabkan pusing.

  1. Rendahnya kadar gula dalam darah

Perubahan sistem metabolism yang juga terjadi saat hamil mampu menurunkan gula darah anda. Akibatnya anda akan merasa pusing.

Itulah beberapa penyebab serasa pusing saat hamil. Terjainya hal ini adalah wajar sehingga anda tidak perlu panik meminum banyak obat pusing yang malah mampu membahayakan kesehatan janin anda.

Pengaruh-sakit-mag-pada-hamil-muda

Trends Mebel Terbaik:

meja pusing sistem