Pori-pori besar di wajah kerap kali membuat kita merasa terganggu, selain tidak enak untuk dilihat, ternyata pori-pori juga dapat menjadi penyebab masalah kulit lainnya seperti menjadi penyebab jerawat dan lainnya. Pori-pori wajah besar seringkali dikeluhkan, karena membuat tampilan kulit wajah jadi kurang maksimal. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pori-pori wajah yang lebih besar beresiko terkena jerawat. Berbagai perawatan mahal pun dilakukan untuk membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Namun faktanya, pori-pori tidak bisa dibuat lebih kecil dan hal yang bisa dilakukan hanya membersihkannya. Termasuk, menghindari pencetus yang membuat pori-pori kotor dan terlihat besar. Kadang kita merasa jengkel dengan masalah pori-pori wajah yang membesar, agar kita dapat mengatasi masalah tersebut, alangkah baiknya jika mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan pori-pori wajah membesar.

Berikut beberapa faktor penyebab pori-pori wajah membesar:

  1. Produksi Minyak Berlebih

Secara alami memang tubuh memproduksi minyak, dan salah satu dari fungsi minyak tersebut adalah untuk melindungi kulit dari masalah kulit tidak kering dan terhindar dari kotoran. Namun jika kadar minyak pada kulit berlebih, juga dapat berdampak buruk bagi kulit yang salah satunya dapat menjadi pemicu membesarnya pori-pori kulit, termasuk pori-pori pada kulit wajah.

  1. Kotoran

Untuk penyebab yang satu ini, selain diakibatkan oleh kotoran seperti debu dan polusi, juga dapat disebabkan oleh sisa riasan make-up yang anda gunakan sendiri. Penggunaan produk kosmetik / produk kecantikan memang bisa membuat anda tampil lebih cantik. Namun tahukah anda, pemakaian alat kecantikan juga dapat menjadi penyebab kerusakan kulit jika anda lupa membersihkannya, apalagi sampai terbawa tidur semalaman sehingga kulit anda tidak bisa bernafas, karena terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit anda.

  1. Pertumbuhan Bakteri Pada Kulit

Salah satu penyebab pori-pori wajah membesar adalah karena adanya pertumbuhan bakteri di wajah anda. Salah satu tandanya adalah dengan munculnya komedo atau bintik hitam diwajah anda. Sehingga pori-pori pada kulit wajah anda membesar.

  1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat mengentalkan sel-sel kulit di sekitar tepi pori-pori. Hal ini akan mengesankan pori-pori tampak besar.

  1. Kurang Pandai Menjaga Kebersihan Kulit

Pada dasarnya manusia terlahir dengan kulit yang halus tanpa jerawat ataupun pori-pori yang besar. Namun semua masalah pada kulit termasuk pori-pori besar timbul karena kita tidak pandai menjaga kebersihan kulit, sehingga kesehatan kulit pun menjadi terganggu. Memang terlihat sepele tapi pada kasus terburuk, kurang pandai membersihkan kulit dapat menjadi penyebab kanker kulit.

Lakukan saja lima langkah berikut, agar pori-pori dan kulit Anda selalu dalam keadaan sehat dan terlihat cantik.

penyebab pori-pori membesar