Tumit pecah-pecah atau retak adalah masalah umum yang bisa merusak kepercayaan diri bahkan bisa sangat menyakitkan. Kaki pecah biasanya terjadi pada bagian tumit, masalah ini merupakan masalah kaki yang umum. Memiliki tumit yang pecah atau kering sangatlah mengganggu penampilan anda, walaupun masalah ini berada di bawah kaki akan tetapi hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Kondisi ini pada umumnya bisa terjadi karena kurang perawatan, tetapi juga bisa akibat kering atau terpapar bahan tertentu. Kulit kering atau xerosis juga merupakan salah satu penyebab paling umum dari tumit pecah-pecah. Sebagian besar kondisi ini timbul karena kurangnya perawatan kaki, dan sebenarnya bisa diatasi atau dihindari. Walaupun umumnya tak membahayakan, namun retakan yang dalam bisa menyebabka kulit berdarah dan rasa yang menyakitkan. Penyebab masalah kaki pecah-pecah atau mengelupas cukup banyak biasanya karena terpapar bahan kimia seperti detergen, berjalan tanpa alas kaki, untuk waktu lama di atas permukaan yang kasar, akibat kelembapan tinggi sehingga menjamur, atau Karena kulit terlalu kering.

Berikut Penyebab kulit kering dan tumit pecah-pecah meliputi:

  1. Suhu atau cuaca yang terlalu dingin atau yang terlalu panas
  2. Terlalu sering mandi menggunakan air panas atau berenang di kolam diklorinasi berat
  3. Kelenjar keringat yang aktif, biasanya disebabkan oleh gen yang diwarisi
  4. Berat badan yang berlebihan
  5. Masalah kulit kronis seperti eksim dan psoriasis
  6. Penyakit kronis tertentu seperti diabetes dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi.
  7. Beberapa obat resep seperti diuretik dan antihistamin juga memiliki efek pengeringan.
  8. Cacat kaki menyebabkan kelainan dalam cara kita berjalan, yang menyebabkan daerah-daerah tertentu dari kaki untuk menanggung jumlah abnormal berat badan.Berat badan yang abnormal ini tidak hanya menghancurkan kelenjar keringat di daerah-daerah, tapi menghasilkan daerah kulit yang tebal, keras, dan kering.

Untuk mengatasi kulit kering dan tumit pecah-pecah, ada baiknya mengikuti tips berikut:

  1. Melembabkan kulit merupakan cara yang utama untuk mengatasi kulit kering. Pastikan setelah mandi Anda menggunakan pelembab khusus untuk kulit kering.
  2. Untuk mencegah tumit pecah-pecah, ada baiknya menggunakan krim khusus untuk tumit pecah-pecah.
  3. Setiap malam sebelum tidur, rendam kaki Anda dalam campuran minyak mineral dan air hangat. Rendam selama 10 menit. Setelah direndam, pijat kaki secara perlahan hingga
  4. Bersihkan kaki. Untuk mencegah tumit pecah-pecah, Anda harus menjaga kaki tetap bersih. Saat mandi, gosok kaki untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Bersihkan kaki dengan menggunakan air hangat.
  5. Pisang. Haluskan satu buah pisang matang dan oleskan pada tumit yang pecah-pecah. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan ini setidaknya sekali setiap hari sampai kaki Anda menjadi lembut dan sembuh sepenuhnya.
  6. Lemon. Rendam kaki dalam larutan lemon dan air selama 15 menit. Gosok dan kemudian bilas. Oleskan pelembap pada tumit untuk mencegah kulit pecah-pecah.
  7. Gliserin. Campur gliserin dalam setengah ember air dan kemudian rendam kaki selama 10 menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan. Oleskan lotion untuk melembutkan kaki dan menjaganya tetap lembap.
  8. Pepaya. Pijat kaki Anda yang kering dengan bubur pepaya (pepaya matang yang sudah dihaluskan). Ini mencegah kulit retak-retak dan juga membuat kulit lembut.
  9. Susu dan madu. Campur susu dengan madu. Rendam kaki di dalamnya selama 15-20 menit. Gosok dan kemudian bilas dengan air hangat. Ini adalah salah satu cara alami untuk mencegah tumit pecah-pecah. Lakukan ini sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.
  10. Labu Siam – Potong menjadi dua bagian atau beberapa hingga labu siam tersebut mengeluarkan getah putih. Kemudian anda tinggal mengoleskan getah tadi pada tumit kaki yang sebelumnya sudah anda bersihkan. Tunggu hingga kering, lalu bilas menggunakan air dingin hingga bersih lalu keringkan menggunakan handuk lembut.

Itulah beberapa cara alami untuk mencegah tumit pecah-pecah dan kulit kaki kering .

Selamat Mencoba.

Tumit-Pecah-Pecah

Trends Mebel Terbaik:

penyebad kursi pecah pecah