Penggunaan ponsel serta smartphone semakin mendominasi kehidupan manusia. Bahkan Anda tidak bisa dipisahkan dari smartphone kesayangan Anda. Namun tahukah Anda bahwa penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan mampu mengubah dan mengganggu fungsi otak Anda? Dilansir dari dailymail.co.uk, para peneliti menemukan bahwa mereka yang sering menggunakan smartphone dengan model layar sentuh mengalami perubahan ukuran dan bentuk pada bagian otaknya yang disebut dengan somatosensory cortex. Area ini adalah pengendali jempol.

“Saat Anda menggunakan smartphone dengan model layar sentuh, maka bagian otak yang berperan dalam mengendalikan sentuhan di ujung jari jempol akan bergerak dengan lebih aktif. Sehingga hal ini akan membuat bagian otak yang disebut dengan somatosensory cortex bertumbuh lebih pesat daripada bagian otak lainnya,” terang Dr Arko Ghosh, peneliti dari University of Zurich di Swiss. “Tanpa Anda sadari perubahan ini mampu membawa dampak buruk bagi kesehatan seperti menyebabkan rasa sakit, kejang, dan gangguan dalam gerakan kognitif seperti dystonia.”

Atas dasar itulah para peneliti pun tidak henti mengingatkan Anda agar lebih bijak dalam menggunakan ponsel. Jangan sampai kesehatan Anda terganggu karena teknologi.

077276100_1419391022-ponselsentuh