Indonesia saat ini merupakan salah satu Negara yang berkembang pesat dalam hal aktivitas Internet. Tren belanja online dikalangan pengguna internet bahkan sudah mulai menjamur. Potensi yang cukup besar di industri belanja online mendorong bisnis retail online alias e-commerce kemudian tumbuh bak jamur di musim hujan. Bhinneka.com misalnya, salah satu situs belanja online yang populer di Indonesia. Muhammad Arif, Featur dan markrting Campaigh manager Bhinneka mengatakan bahwa industri belanja online masih memiliki potensi tumbuh dengan pesat dimasa depan. Optimalisasi pasar dianggap jadi satu dari sekian banyak hal yang perlu dilakukan agar mendorong pertumbuhan trend belanja semakin tinggi.

“Nilai transaksi yang dihasilkan e-commerce dari data Kementerian Kominfu itu sekitar 130 Triliun sepanjang tahun 2013. Jumlah itu masih bakalan tumbuh karena pasarnya dioptimalkan,” kata Arif di Hongkong Café, Jakarta.

Arif pun memaparkan bahwa Bhinneka.com sebagian besar penggunanya masih berasal dari pulau jawa. Masyarakat Jakarta disebutkan masih jadi pusat pergerakan ekonomi belanja online yang terjadi di Bhinneka.com.

“Sementara ini yang aktif soal belanja online di Bhinneka.com masih masyarakat dari sekitar pulau Jawa, Sulawesi dan Sumatera. Kalau dari sisi kota Jakarta masih mendominasi. Berikutnya Bandung, Semarang, Surabaya dan Jogja,” ungka Arif lagi.

Sementara presentase, ujar Arif pengguna Bhinneka.com berasal dari pulau Jawa. Sedangkan yang ditawarkan Bhinneka.com sekitar 40 % merupakan produk terkait teknologi informasi.

“Produk yang kita tawarkan mayoritas masih berupa perangkat IT sebesar 40 %. Lalu ada gadget sekitar 25 %, Home appliances 20 % sedangkan sisanya dibagi-bagi untuk produk lainnya ,” tandas Arif.

belanja online