Seharusnya kuliner Indonesia bisa jadi makanan kebanggaan. Namun sayang, kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia justru lebih bangga bila bisa mengolah masakan luar negeri. Hal ini dibenarkan oleh Chef Brian, Runner-Up MasterChef Indonesia 3. Dia mengatakan, faktor gengsi masih lebih mendominasi jika seseorang bisa memasak hidangan mancanegara.

“Iya, sekarang makin banyak yang bangga kalau bisa masak masakan luar negeri. Sebenarnya banyak faktor. Bisa jadi itu hal baru buat dia atau malah jadi ajang gengsi,” kata Chef Brian di Komplek MNC Tower, Jakarta, Selasa 6 Januari 2015.

Selain itu Chef Brian mengatakan, hal tersebut wajar terjadi. Pasalnya, masakan luar negeri adalah hal baru dan unik bagi masyarakat Indonesia dan punya daya tarik tersendiri. Sama halnya seperti orang Prancis yang ingin mempelajari masakan Indonesia. Menurutnya, itu jadi hal baru untuk mereka.

“Jadi, makin banyak orang Indonesia yang suka mempelajari masakan asing karena sebenarnya terbawa dengan sesuatu yang baru. Seakan bangga kalau bisa masak masakan western,” pungkasnya.

French Crepes