Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis dimana tekanan darah di saluran arteri meningkat. Kondisi ini menyebabkan kerja jantung lebih berat dari biasanya. Penyebab tekanan darah tinggi tergantung pada jenisnya. Tekanan darah tinggi primer atau hipertensi esensial, disebabkan karena faktor gen. Sedangkan hipertensi sekunder, diantaranya disebabkan karena faktor luar seperti obesitas dan kehamilan. Saat seseorang terkena tekanan darah tinggi, maka kemungkinan mereka akan terkena penyakit lain seperti serangan jantung, stroke dan gagal ginjal akan meningkat. Bahkan, para pakar mengatakan bahwa tekanan darah tinggi berkontribusi terhadap 45 persen kematian karena serangan jantung dan 51 persen kematian karena stroke di seluruh dunia. Karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk menjaga tekanan darahnya agar tetap normal. Selain itu, ada juga beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah, diantaranya adalah mengonsumsi beberapa jenis makanan. Berikut adalah 8 makanan yang dapat menjadi obat darah tinggi karena dapat menurunkan tekanan darah seperti yang dikutip dari Healthline, Senin (19/1/2015).

  1. Rumput laut

Rumput laut memang dapat menormalkan tekanan darah. Selain itu, tumbuhan ini juga dapat menurunkan kolesterol tinggi.

  1. Daun salam

Selain menurunkan tekanan darah, daun salam juga dapat menurunkan kadar gula. Cara menggunakan daun salam untuk turunkan tekanan darah adalah merebusnya dengan air. Untuk tiap 10 lembar daun dapat dicampurkan dengan 3 gelas air.

  1. Mentimun

Kandungan mineral potassium pada mentimun dapat kurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, mentimun juga dapat membantu mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal. Cara menggunakannya dapat dengan dikonsumsi langsung atau dijus.

  1. Blewah

Siapa tidak kenal buah blewah? Buah ini begitu terkenal sebagai hidangan untuk buka puasa. Ternyata, blewah juga dapat kurangi tekanan darah karena memiliki kandungan potassium seperti mentimun.

  1. Mengkudu

Mengkudu memang tidak memiliki bau yang enak. Tetapi, mengkudu memiliki beragam khasiat bagi kesehatan, diantaranya ada menurunkan tekanan darah. Anda tinggal memblender mengkudu dan langsung meminum airnya atau mencampurkannya dulu dengan madu agar lebih nikmat.

  1. Temu hitam

Temu hitam memiliki khasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dan baik juga untuk menormalkan tekanan darah. Cara mengonsumsinya adalah dengan direbus dan diminum airnya.

  1. Bawang putih

Bawang putih biasa ditemui dalam makanan sehari-hari. Ternyata, bawang putih juga baik untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Bawang Bombay

Sama dengan bawang putih, bawang bombay juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat mengonsumsi bawang bombay dengan mengirisnya tipis-tipis dan dimakan bersama nasi dan lauk pauk lainnya.

Cucumber on a white background