Hujan pagi seperti sekarang ini sangat enak jika ditemani minuman-minuman hangat yang bermanfaat. Berikut beberapa minuman yang bisa hangatkan badan di musim hujan.

  1. Coklat atau susu panas

Minuman ini gampang dibuat. Tinggal menuang air mendidih ke dalam gelas yang telah berisi coklat atau susu. Atau bisa juga campuran keduanya.  JIka menginginkan lebih manis bisa ditambah gula putih atau gula merah.

Beberapa penelitian menunjukkan cokelat panas menyehatkan karena antioksidan yang terkandung dalam kakao. Sampai tahun 1800-an, cokelat panas juga digunakan oleh dokter sebagai obat beberapa penyakit.

  1. Bandrek

Sebenarnya minuman ini adalah minuman tradisional khas Sunda, Jawa Barat yang  digunakan untuk menghangatkan tubuh. Biasanya Bandrek dihidangkan saat cuaca dingin seperti hujan pagi ini.
Minuman ini berasal dari campuran jahe dan gula merah namun ada beberapa varian bandrek yang menambahkan rempah-rempah tertentu untuk menambahkan efek panas seperti seperti serai, merica, daun pandan. Minuman ini selain enak juga dipercaya untuk menambah stamina tubuh.
Di era modern saat ini ada bandrek instant yang dijual per sachet. Sehingga lebih mudah disajikan.

  1. Bajigur

Masih berasal dari Jawa Barat. Bahan utamanya sama seperti bandrek yakni jahe dan gula merah. Bedanya dengan Bandrek, Bajigur memakai santan. Untuk menambah aroma dan rasa, biasanya bajigur biasa dicampur dengan jahe, garam dan bubuk vanili.
Minuman yang disajikan panas ini biasanya ditemani dengan kacang rebus, ubi rebus atau pisang rebus. Sehat bukan?

  1. Wedang uwuh

Minuman ini awalnya hanya populer di Jawa tengah. Minuman ini dibuat dari daun-daun rempah yakni gula merah, jahe dan kayu secang yang menyebabkan minuman ini berwarna kemerah-merahan.  Kadang-kadang juga ditambahkan kayu  manis.
Minuman ini sangat enak disajikan panas untuk menghangatkan badan. Sekarang wedang uwuh bisa ditemukan di supermarket. Cara menyajikannya sama seperti menyajikan teh celup.

  1. Teh Telur

Biasa juga disebut teh talua. Minuman ini sangat populer di wilayah Sumatera Barat sebagai minuman penambah stamina bagi lelaki. Teh Talua gampang ditemukan si restoran-restoran Padang. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung. Cara membuatnya telur ayam kampong dikocok  dengan gula pasir, setelah mengembang lalu disiram dengan air teh yang telah diseduh dengan air panas.

  1. Kopi kawa

Kopi ini sangat unik, dibuat bukan dari biji kopi. Namun minuman ini dibuat dari daun kopi yang telah dikeringkan, di sangrai lalu dibuat minuman, seperti membuat teh. Kopi ini sangat populer di Sumatera Barat di daerah Tanah Datar, Bukit Tinggi.  Cara penyajian kopi ini cukup unik yaitu dengan menggunakan batok kelapa yang dialasi bambu.

coklat-panas3

Trends Mebel Terbaik:

roko musim hujan kopi sunda