Memastikan kecukupan nutrisi pada anak merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan orangtua agar buah hatinya tumbuh kembang dengan optimal. Karena itu sebagai orangtua sebaiknya Anda tidak mudah putus asa dalam menghadapi anak yang kesulitan makan atau picky eater. Berikut beberapa kiat yang layak untuk dicoba.

Ada beberapa cara untuk menggugah selera makan anak, di antaranya sebagai berikut:

  1. Cari tahu penyebab mengapa anak susah makan. Perhatikan jadwal makannya, apakah terlalu dekat dengan jadwal minum susu atau jadwal snack? Bila terlalu dekat, mungkin ia masih kenyang. Tidak ada salahnya bila Clovers susun kembali jadwal makan anak dalam sehari.
  2. Buat waktu makan menjadi waktu yang menyenangkan, caranya bisa sambil menerangkan apa saja yang ada dalam menu makanannya atau mungkin juga sekaligus kandungan nutrisi di dalamnya. Jelaskan dengan bahasa yang mudah ia pahami sehingga waktu makan menjadi menyenangkan. Misalnya: “Hari ini kita makan wortel ya.. Kalau kita suka makan wortel, nanti mata kita jadi bagus, tidak harus pakai kaca mata.”
  3. Sajikan makanan dengan bentuk dan warna yang segar dan ceria. Sekarang ada banyak cara menyajikan makanan dengan tampilan yang unik, banyak pula kursus bento ataupun alat bantu membuat bento (kotak makan ala jepang) untuk mendapatkan tampilan sajian yang lucu dan menggugah selera. Namun Clovers juga dapat membuat sajian dengan tampilan yang baik tanpa mengeluarkan uang banyak. Pilih bahan makanan yang berwarna – warni, misalnya sayuran hijau dipadukan dengan wortel atau jagung.
  4. Pastikan menu yang diberikan setiap hari bervariasi. Anak akan mudah bosan dan enggan untuk makan bila menemui menu yang sama setiap hari.
  5. Alat makan favorit anak juga dapat digunakan untuk menggugah selera makannya. Gunakan alat makan seperti piring, sendok garpu dan gelas dengan warna ceria atau warna favorit anak.
  6. Jangan menyerah bila anak susah makan, terkadang anak hanya mengeluarkan strategi untuk menguasai keadaan. Bila orang tua menyerah dan menuruti kemauannya yang tidak baik, anak akan merasa bahwa strateginya berhasil.

Intinya, gunakan segala cara persuasif untuk mengajak anak makan. Jangan mengancam atau mengintimidasi karena anak akan semakin membuat benteng kuat pada kita. Bukankah kita sebagai orang tua juga tidak suka bila dalam keadaan terancam?

cara-mengatasi-anak-susah-makan