Hamil merupakan hal yang dinanti wanita terutama bagi mereka yang merindukan kehadiran seorang bayi. Sehingga ketika mendapati dirinya hamil, maka kebanyakan wanita akan menjaganya dengan sangat hati-hati. Berbagai macam gangguan dan polusi akan mereka hindari dengan sebaik mungkin. Sayangnya, banyak wanita hamil yang masih melakukan kebiasaan sama seperti saat mereka belum hamil. Salah satunya adalah penggunaan make up atau kosmetik. Saat ini muncul perdebatan akan dampak penggunaan make up pada kehamilan. Banyak kalangan kesehatan yang menilai bahwa kandungan kimia phthalates dalam make up mampu menurunkan IQ buah hati yang terbentuk dalam kandungan.
“Hingga saat ini kami beranggapan bahwa phthalates mampu memberikan dampak negatif pada kesehatan otak janin. Kami mengetahuinya setelah melakukan serangkaian tes untuk memeriksa tingkat IQ anak-anak. Mereka yang memiliki eksposur tinggi atas phthalates memiliki tingkat IQ sekitar 6,6 hingga 7,6 lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki eksposur ini. Tingkat IQ rendah ini juga termasuk kesulitan dalam berkonsentrasi, sulit untuk mengingat, dan kemampuan kognitif yang rendah,” terang Professor Robin Whyatt dari Columbia University’s Mailman School of Public Health.
“Pthalates merupakan bahan kimia yang mampu mengacaukan sistem hormonal alami manusia. Dari penelitian sebelumnya disebutkan pula bahwa zat ini menjadi faktor dalam peningkatan risiko diabetes dan asma,” ujarnya. “Dalam make up, bahan ini digunakan untuk melarutkan bahan kimia lain yang lebih konsentrat. Pthalates banyak ditemukan di dalam cat kuku.”

Tips-Cara-Memakai-BB-Krim