Sudah bukan rahasia lagi bahwa ubi jalar adalah salah satu tanaman akar-akaran yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Ubi jalar mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin B6 yang penting dalam metabolisme sel darah merah dan fungsi tubuh lainnya. Namun ternyata bukan hanya ubi jalar saja yang memiliki manfaat kesehatan, bagian lain dari ubi jalar, terutama daunnya juga memiliki banyak manfaat. Peneliti mengungkap bahwa kadar vitamin B6, vitamin C, dan vitamin B2 lebih tinggi pada jaringan daun ubi jalar dibandingkan pada bagian lainnya. Peneliti menjelaskan bahwa jumlah vitamin B6 pada daun ubi jalar cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 pada dietnya. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari ubi jalar dan daunnya, seperti dilansir oleh Health Site (15/01).

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh tetap aktif

Zat besi yang ada dalam ubi jalar dan daunnya membantu mengaktifkan produksi sel darah putih yang meningkatkan ketahanan tubuh manusia terhadap stres atau masalah kesehatan lainnya. Vitamin D yang ada di dalamnya juga penting untuk meningkatkan energi, menjaga mood, dan membantu menguatkan kekebalan tubuh.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat dan magnesium yang ada dalam ubi jalar serta daunnya membantu mengatasi masalah pencernaan. Tingginya serat dalam sayuran ini ‘ramah’ untuk lambung dan usus, serta mampu mencegah konstipasi.

  1. Menjaga Kesehatan jantung

Potasium dan vitamin B6 yang terdapat dalam ubi jalar dan daunnya membantu mencegah penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Dengan menyeimbangkan cairan serta elektrolit pada tubuh, sayuran ini membantu menjaga kesehatan jantung.

Itulah beberapa manfaat tersembunyi yang ada pada daun ubi jalar. Jangan hanya mengonsumsi ubi jalarnya, daun ubi jalar juga bisa dikonsumsi dan dicampur dengan masakan lainnya.

tanaman ubi jalar