“One good thing about music, when it hits you, you feel no pain”. Itulah bunyi ungkapan terkenal dari Bob Marley. Ungkapan itu bermaksud bahwa musik memiliki manfaat ajaib untuk menyembuhkan diri Anda baik secara fisik maupun emosional. Dengan musik pula koordinasi fisik Anda berjalan dengan baik, kemampuan linguistik Anda meningkat, dan Anda dapat terhindar dari risiko pikun di usia senja. Selain manfaat tersebut, berikut adalah manfaat ajaib lainnya dari mendengarkan musik seperti dilansir dari healthmeup.com

  1. Meredakan nyeri

Musik memiliki manfaat besar dalam menyembuhkan nyeri. Musik bekerja dengan sistem saraf yang kemudian secara otomatis mampu meringankan rasa sakit kronis. Itulah sebabnya musik digunakan sebagai terapi di rumah sakit untuk saat melahirkan, anestesi, atau menyembuhkan nyeri pasca operasi. Musik akan membuat tubuh mengeluarkan zat endorfin untuk menetralkan rasa sakit, memperlambat detak jantung, dan merilekskan pernapasan.

  1. Meningkatkan kesehatan pembuluh darah

Tempo, intensitas dan kecepatan musik mempengaruhi jantung. Musik akan mampu meningkatkan denyut jantung dan pernapasan Anda.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Pendidikan musik sangat penting diberikan pada anak-anak sebab dapat meningkatkan kesehatan otak serta keterampilan visual atau verbal mereka. Memainkan alat musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan dan IQ buah hati.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Mendengarkan musik pada usia tua akan membantu menjaga otak Anda supaya tetap muda dan sehat. Mendengarkan musik juga mampu berfungsi sebagai sarana latihan otak sebab mampu melatih daya imajinasi Anda.

  1. Memperbaiki suasana hati

Saat mendengarkan musik, otak Anda melepaskan dopamin yang mampu meredakan suasana hati yang tegang.

  1. Mengontrol tekanan darah

Mendengarkan musik dengan irama yang lembut akan membantu pasien darah tinggi untuk mengontrol tekanan darah mereka. Penelitian yang dilakukan oleh The American Society of Hypertension menunjukkan bahwa hanya dengan mendengarkan musik klasik selama 30 menit per hari maka tekanan darah tinggi dapat turun secara signifikan.

  1. Meningkatkan Kualitas tidur

Mendengarkan musik membantu menenangkan pikiran dan jiwa Anda sehingga membantu Anda agar tidur nyenyak. Musik juga mampu menyembuhkan insomnia Anda.

  1. Meningkatkan system kekebalan tubuh

Saat mendengarkan musik, tubuh akan mengeluarkan hormon tertentu yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Mendengarkan musik selama 50 menit dapat meningkatkan kadar antibodi tubuh dan menurunkan tingkat stres hormon kortisol.

  1. Mendukung pertumbuhan janin

Ibu hamil yang mendengarkan musik memiliki perkembangan janin yang positif. Bayi yang sejak kecil mendengarkan musik juga memiliki kemajuan dalam hal motorik, mengalami perkembangan intelektual dan linguistik sejak lahir.

  1. Membuat anda semangat

Banyak orang memilih mendengarkan musik saat berolahraga. Hal ini disebabkan karena musik akan membuat mereka bersemangat, meningkatkan daya tahan, serta mengalihkan perhatian Anda dari segala bentuk ketidaknyamanan.

  1. Mempertajam memori

Musik dapat membantu seseorang untuk mengingat sesuatu dengan baik. Sebab bagian otak yang memproses musik berada tepat di samping memori otak.

  1. Mempercepat masa pemulihan

Mendengarkan musik dapat membuat pikiran Anda menjadi rileks serta meringankan otot Anda dari rasa sakit. Hasilnya, dapat mempercepat proses pemulihan Anda.

  1. Mengendalikan nafsu makan

Tidak banyak yang tahu bahwa mendengarkan musik dapat mengendalikan nafsu makan Anda. Mendengarkan musik juga membuat Anda menjadi perlahan-lahan dalam mencerna makanan.

Mendengarkan musik nyatanya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Walaupun begitu, Anda juga harus berhati-hati dalam mendengarkannya. Jangan sampai volume musik Anda begitu keras sehingga merusak pendengaran.

Attractive young woman lying on sofa and listening music

Trends Mebel Terbaik:

orang mendengarkan musik