Berbagai macam jenis sayuran tentunya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis sayuran yang berakar seperti kentang, ubi jalar, wortel, bawang bombay, bawang putih, dan bit menjadi kebutuhan pokok yang seringkali digunakan sebagai bahan makanan yang akan dikonsumsi dalam sehari-sehari. Sayuran-sayuran ini mengandung vitamin dan mineral yang menyerap dari tanah. Akar sayur-sayuran juga memiliki kaya nutrisi dan merupakan sumber serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, sayuran yang berakar mengandung banyak vitamin C, vitamin B, dan vitamin A sekaligus antioksidan. Tahukah Anda bila mengonsumsi jenis sayuran-sayuran berakar akan membuat tubuh Anda semakin sehat? Seperti yang dilansir dari Naturalnews, Kamis (8/1/2015), berikut sayuran-sayuran berakar yang perlu dikonsumsi tubuh Anda.

  1. Kentang

Kentang adalah sayuran yang bergizi dan mengandung antioksidan, vitamin B6, vitamin C, kalium, mangan, fosfor, niacin, tembaga, dan asam pantotenat. Semua kandungan kentang mampu membantu kesehatan pada tubuh.

  1. Wortel

Sebagian orang mengetahui warna yang dimiliki sayur wortel pada umunya adalah warna oranye. Namun, sayur wortel ternyata memiliki berbagai warna antara lain ada warna putih, kuning, merah dan ungu. Wortel dikenal baik untuk kesehatan mata begitu juga penyakit glaukoma dan pencegahan katarak.

Kandungan yang dimiliki sayur wortel adalah vitamin A vitamin C, vitamin B, vitamin K, vitamin E, mangan, kalium. Dan baru-baru ini, studi menemukan bahwa mengonsumsi wortel mampu mencegah kanker usus besar dan penyakit jantung.

  1. Kentang Manis

Kentang manis memiliki sifat antioksidan yang mampu menjaga kadar gula darah. Mengonsumsi jenis kentang ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan yang dimiliki kentang manis antara lain vitamin C, vitamin B, mangan, fosfor, tembaga, kalium, dan asam pantotenat yang dipercaya baik bagi kesehatan tubuh.

  1. Bawang Bombay

Bawang dipercaya mampu mencegah kanker, antibakteri dan menyeimbangkan gula darah. Hal ini dikarenakan kandungan yang dimiliki bawang bombay mendukung sistem kardiovaskular yang baik bagi hati dan pembuluh darah. Bawang bombay mengandung biotin, vitamin C, tembaga, B6,B1, fosfor, kalium dan float yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Bit

Bit adalah jenis sayuran yang berakar. Biasanya sayur ini memiliki warna merah keunguan. Sayur ini juga menjadi sumber gula kedua setelah tebu. Sayuran ini baik buat tubuh untuk mencegah penyakit jantung, kanker dan serat yang dimiliki sayur Bit juga baik untuk saluran pencernaan. Bit mengandung float, mangan, kalium, tembaga, mangnesiKandungan Gizi Wortelum, fosfor, vitamin C, B6 dan zat besi.

  1. Bawang putih dikenal baik sebagai antivirus, antibakteri, antijamur dan anti-inflamasi. Jenis sayur ini biasanya digunakan sebagai alternatif pengobatan. Mengonsumsi bawang putih mampu mencegah penyakit kanker, meningkatkan kesehatan dan member nutrisi pada tubuh Anda .

Itulah beberapa sayuran berakar yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.