Rebung adalah tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Rebung merupakan makanan eksotis khas wilayah asia. Dari tekstur dan aromanya yang unik, nyatanya tidak semua orang menyukai makanan ini. Rebung paling sering dibuat menjadi sayur, baik dioseng ataupun dengan kuah santan. Biasanya umur rebung yang masih dikonsumsi atau dimasak adalah rebung yang berusia kurang dari dua bulan, karena kalau usianya lebih dari itu biasanya rebung sudah keras sehingga tidak enak lagi kalu dikonsumsi. Rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein dan dua belas asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Konsumsi rebung secara teratur merupakan salah satu tindakan preventif untuk menghambat berbagai jenis penyakit, termasuk kanker. Padahal rebung bisa membawa manfaat besar untuk kesehatan tubuh anda. Disamping memiliki rasa yang enak, ternyata rebung mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan kita, berikut penjelasannya :

  1. Menurunkan Kolestrol

Jumlah total kandungan gula dalam rebung adalah 2,5 gram setiap 100 gram porsinya. Sementara kandungan lemak jenuh dan tak jenuhnya adalah 0,49 gram. Kedua hal ini menjadikan rebung sebagai makanan yang mampu mengurangi kadar kolesterol darah, lipid, dan menyehatkan jantung.

  1. Menurunkan berat badan

Bagi yang sedang dalam program melangsingkan tubuh, serat akan membuat perut terasa kenyang hingga nafsu makan makin mudah dikendalikan. Selain itu, rebung mengandung lemak dan gula yang rendah sehingga cocok sebagai penunjang dalam program diet alami.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Rebung kaya akan vitamin seperti vitamin B6, vitamin E, vitamin A, niasin, riboflavin, thiamine, dan asam folat. Rebung juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, seng, natrium, fosfor, kalium, tembaga, mangan, dan zat besi. Semua nutrisi ini tentunya penting untuk peningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Menjaga kesehatan sel-sel

Sayuran ini banyak mengandung protein yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh agar bisa berfungsi dengan baik.

  1. Mengobati masalah pernafasan

Rebung mengandung sumber protein yang baik dan asam amino. Sehingga rebung bermanfaat untuk menyembuhkan masalah pernapasan seperti hidung tersumbat, batuk, dan pilek.

  1. Mengurangi resiko stroke

Makanan yang kaya akan kalium, setidaknya 400 mg, diketahui sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke. Penderita stroke biasanya mengalami defisiensi mineral ini.

Itulah beberapa manfaat rebung untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

rebung