Dipijat adalah hal yang menyenangkan untuk orang dewasa, apalagi saat kelelahan dan pegal-pegal. Tubuh akan terasa lebih nyaman dan segar. Ternyata, kenyamanan ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, tapi juga bayi. Pijat bayi adalah sebuah teknik relaksasi yang telah turun temurun di dipraktekkan di Indonesia. para ahli kesehatan bayi juga telah mengakui manfaat-manfaat pijat bayi bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Namun, sebuah penelitian lebih lanjut menemukan bahwa pijat bayi tidak hanya memberikan manfaat besar bagi tumbuh kembang fisik si kecil, namun juga memberikan manfaat besar bagi perkembangan otak, mental dan panca indera. Yang pasti, pijat memberi sentuhan yang menenangkan, serta mengingatkan bayi akan rasa nyaman selama berada dalam kandungan mama. Pijat bayi melibatkan skin to skin contact, maka tak salah kalau kegiatan ini dianggap sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Sebaiknya bayi dipijat oleh orang yang sangat dekat minyalnya ayah atau ibu, bukan oleh orang asing. Selain itu, pijat bayi hanya boleh dilakukan jika bayi mau, agar di dapat manfaat pijat sebagai bahasa cinta sentuhan.

Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari pijat bayi.

  1. Stimulasi kulit akan membantu mempercepat myelinasi yaitu proses perbaikan system saraf di saat jaringan saraf tertutup lemak yang disebut myelin
  2. Melatih respon syaraf karena dapat menyeimbangkan dua kondisi yang berbeda. Pijat bayi yang dapat menyebabkan stress pada bayi karena adanya tekanan-tekanan pada tubuh justru dapat menjadi pelatih respon syaraf bayi karena adanya suara, sentuhan dan aroma tubuh orang tua yang akan membuat tubuh bayi rileks.
  3. Memperbaiki kualitas tidur bayi, bayi tidur lebih lama dan lebih nyenyak setelah dipijat.
  4. Dapat merangsang saraf vagus yaitu saraf yang memiliki banyak fungsi antara lain meningkatkan daya peristaltis yang dapat merangsang dan membantu system pencernaan.
  5. Massa otot akan terbantu pertumbuhannya. Membuat otot-otot bayi lebih kuat, dan koordinasi tubuhnya lebih baik.
  6. Sistem kekebalan tubuh bayi akan lebih kuat, serta membuatnya lebih tahan terhadap infeksi dan berbagai masalah kesehatan
  7. Bayi yang sering dipijat tumbuh menjadi anak yang lebih riang dan bahagia. Selain itu, ia jarang rewel dan tantrum. Secara umum, anak-anak ini jarang memang mengalami masalah psikologis atau emosional.

sudah tau kan betapa penting peran pijat bayi? Maka dari itu, para bunda bisa mempraktekkan pijat bayi pada sang buah hati tercinta. Selamat mencobaaaa?.
Manfaat-Pijat-Bayi

Trends Mebel Terbaik:

pijet dewasa di jepara, pijet dewasa jepara