Bayi yang lucu dan sehat adalah idaman setiap keluarga. Dan agar bayi tetap sehat, segar serta terjaga, orang tua sangat perlu untuk selalu memantau dan memberikan perawatan maksimal pada si bayi. Kesehatan bayi sendiri bisa ditentukan dari berbagai hal, mulai dari kesehatan ujung rambut hingga ujung kaki. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa bayi akan sangat lucu ketika ia memiliki rambut yang tebal serta sehat. Kulit kepala yang bersih dari kuman maupun kotoran juga menjadi salah satu penentu selanjutnya. Dan agar kesehatan rambut juga kulit kepala bayi terjaga, perlu bagi orang tua untuk mencukur rambutnya. Mencukur rambut memiliki segudang manfaat sehat yang mengagumkan untuk bayi. Berikut adalah manfaat mengagumkan tersebut.

  1. Rambut Bayi Tumbuh Lebat dan Sehat

Tradisi mencukur rambut bayi telah menjadi tradisi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Pasalnya, mencukur rambut bayi untuk pertama kali pada bayi bisa membuat rambut bayi tumbuh semakin lebat dan sehat. Namun perlu kita tahu, lebat dan sehatnya rambut bukan hanya ditentukan dari mencukur rambut saja. Nutrisi dari dalam maupun luar untuk kesehatan rambut juga sangat perlu diperhatikan agar rambut bayi benar-benar lebat serta sehat.

  1. Memudahkan Bunda Mendeteksi Luka dan Iritasi di Kulit Kepala Bayi

Selain menambah ketebalan rambut bayi, manfaat mencukur rambut bayi selanjutnya adalah memudahkan orangtua untuk mendeteksi luka dan iritasi pada kulit kepala bayi. Luka dan iritasi bisa saja terjadi karena kotoran yang menempel di kulit kepala ataupun hal lain. Agar bunda lebih mudah mendeteksi luka dan iritasi pada kulit bayi, sangat disarankan agar bunda mencukur rambut bayi.

  1. Membersihkan kulit kepala

Mencukur rambut bayi apalagi sampai gundul bisa membantu orang tua terlebih bunda untuk lebih mudah membersihkan kulit kepala bayi dari segala jenis kotoran maupun kuman yang menempel hingga ke akar rambut bayi dan lapisan kulit kepala bayi. Ketika bayi terlahir, tidak jarang adanya kotoran berupa lemak dan sisa kotoran dari dinding rahim bunda yang menempel pada kulit kepala bayi. Dengan dicukur atau dipotong, diharapkan hal tersebut mampu menghilangkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada kulit kepala bayi.

Bunda, itulah beberapa manfaat mengagumkan mencukur rambut bayi untuk kesehatan rambut maupun kulit kepala bayi. Agar rambut dan kulit kepala bayi selalu sehat serta terjaga, hal lain yang sangat perlu dilakukan orang tua adalah usaha untuk selalu menjaga kebersihan kulit kepala bayi.

Manfaat mencukur rambut bayi