Kehadiran buku digital disebut mempermudah orang untuk membiasakan membaca. Meski tidak dapat dipungkiri jika tidak sedikit orang yang lebih memilih membaca buku fisik dibandingkan buku digital. Keduanya memang memberikan kelebihan masing-masing dengan tujuan untuk membuka jendela pengetahuan sang pembaca. Mengutip Womenshealth, ternyata membaca buku menyimpan kebaikan untuk kesehatan.Berikut beberapa manfaat membaca untuk kesehatan :

  1. Tidur lebih lelap

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh National Sleep Foundation pada orang berusia 13 – 64 tahun, sekitar 43 persen merasa tidak pernah tidur nyenyak di malam hari. Hal tersebut tidak terlepas dari kebiasaan satu jam jelang tidur yang digunakan untuk mengakses perangkat berbasis teknologi yang memancarkan cahaya yang membuat otak tetap terjaga. Berbeda dengan orang yang memiliki kebiasaan membaca yang ada saatnya membuat otak merasa lelah hingga membutuhkan waktu istirahat. Mereka yang memiliki kebiasaan membaca di pagi, siang atau sore hari diketahui tidur lebih lelap dan berkualitas di malam hari.

  1. Menurunkan stress

Penelitian yang dilakukan oleh Mindlab International di University of Sussex menemukan aktivitas membaca membuat otak bekerja lebih keras dan cepat dibandingkan aktivitas lainnya. Sekitar 68 persen peserta yang membaca hanya dalam waktu enam menit diketahui mengalami penurunan stres.

  1. Lebih kreatif

Bagi anda yang dituntut untuk selalu menghasilkan karya-karya kreatif, maka membaca adalah kuncinya. Selain dilatih untuk berpikir kritis dalam menarik benang merah dari sebuah buku, otak mendapatkan stumulus untuk menghasilkan karya dan inovasi baru.

Itulah beberapa manfaat membaca untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

164666-849x565-woman-reading-book